PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BEKASI

Main Authors: SEPTIANI, REVI SELVIA, Waseh, Hasuri, Stiawati, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1041/1/revi%20selvia%20septiani%20%286661110998%29%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1041/
http://ap.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Revi Selvia Septiani, NIM.6661110998,2018. Skripsi. Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bekasi. Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbimn I Drs. Hasuri Waseh, M.Si. Dosen Pembimbing II Titi Stiawati, M.Si. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi merupakan perusahaan BUMN yang memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakarat wilayah Kabupaten Bekasi. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Saluran Pipa Air yang bermasalah mengakibatkan minimnya debit air yang mengalir keluar dan kualitas air yang buruk karena berwarna coklat dan berpasir, 2) Kurang tanggapnya PDAM dalam mengatasi keluhan, 3) PDAM kurang mensosialisasikan web yang dan media sosial yang mengakibatkan kurangnya informasi yang didapat pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik menurut fitzimmons dan fitzsimmons dalam Sinambela (2008:7-8) Indikator-indikator dalam pelayanan publik adalah Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty.. Hasil penelitian ini bahwa Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bekasi masih perlu ditingkatkan dalam hal menanggapi dan menangani masalah pelayanan, sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang memadai dan pelayanan yang dirasakan pelanggan masih kurang sepenuh hati dalam melayani. Kesimpulan penelitian ini menunjukan pelayanan Peusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Bekasi kurang optimal dalam pelayanan. Saran dari peneliti adalah dalam melakukan pelayanan Perusahaan Air Minum (PDAM) Kabupaten Bekasi diupayakan maksimal dalam hal melayani untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan atau menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan sarana prasarana perlu diperhatikan lagi untuk kenyamanan para pelanggan. Kata kunci : Pelayanan, PDAM