PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Penelitian Kualitatif Siswa Kelas VII pada Materi Transformasi)

Main Author: KUSNANTO, ALDHIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/10398/1/PROFIL%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20SISWA%20SMP%20DITINJAU%20DARI%20GAYA%20BELAJAR%20%28FULLTESK%29.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/10398/
Daftar Isi:
  • Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan 3 subyek siswa kelas VII SMP Nusantara 1 Kota Tangerang berdasarkan gaya belajarnya. Teknik tes dan wawancara digunakan untuk mengukur dan deskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration. Hasil penelitian adalah subjek dengan tipe gaya belajar visual berada pada TBKM 2 (Cukup Kreatif) karena hanya memenuhi aspek fluency, dan flexibility, subjek dengan tipe gaya belajar auditorial berada pada TBKM 2 (Cukup Kreatif) karena hanya memenuhi aspek flexibility dan originality, subjek subjek dengan tipe gaya belajar kinestetik berada pada TKBM 3 (Kreatif). Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa tipe gaya belajar auditorial yang memenuhi indicator fluency, originality dan elaboration. Hasil penelitian ini menunjukan siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial.