PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PANDEGLANG

Main Authors: AZIZ, FAISAL, Budiati, Ayuning, Dirlanudin, Dirlanudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1032/1/PELAYANAN%20ADMINISTRASI%20KEPENDUDUKAN%20DI%20DINAS%20KEPENDUDUKAN%20DAN%20CATATAN%20SIPIL%20KABUPATEN%20PANDEGLANG%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1032/
http://ap.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Faisal Aziz. NIM. 6661132383. Skripsi. Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang. Pembimbing I: Dr. Ayuning Budianti, MPPM dan Pembimbing II: Dr. Dirlanudin, M.Si. Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang, Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi tangible, reliability, responsiviness assurance dan emphaty beserta indikatornya. (1) pelaksanaan kualitas pelayanan terkait dengan dimensi tangibl (bukti fisik) belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai seperti ruangan yang terbatas, tidak adanya AC, MCK yang belum memadai (2) dimensi reliability kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan belum sesuai dengan harapan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat tentang proses pelayanan pembuatan e-KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. (3) dimensi responsivines (ketanggapan) pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat saat mengalami kesulitan (4) dimensi assurance (jaminan), tepat waktu pada pelayanan belum sesuai dengan harapan masyarakat, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat. (5) dimensi emphaty, upaya Peningkatan kualitas pelayanan dilakukan dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan. Adapun kendala dalam pelaksanaan pelayanan antara lain kurangnya sumber daya pegawai, kesadaran masyarakat yang kurang khususnya dalam melengkapi syarat-syarat administratif pelayanan, serta fasilitas pelayanan yang belum memadai. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan masyarakat