TINGKAT EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I SERANG PROVINSI BANTEN
Main Authors: | HIDAYAT R, GALIH, Nugroho, Kandung Sapto, Handayani, Riny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1011/1/TINGKAT%20EFEKTIVITAS%20PELAYANAN%20PEMBUATAN%20PASPOR%20ONLINE%20DI%20KANTOR%20IMIGRASI%20KELAS%20I%20SERANG%20PROVINSI%20%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1011/ http://ap.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Galih Hidayat Ramadhan. NIM 6661120412. Skripsi. Tingkat Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Serang Provinsi Banten, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I, Kandung Sapto N., M.Si., Pembimbing II, Riny Handayani, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terbatasnya kuota pemohon paspor online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang karena tidak sebanding dengan pemohon paspor yang begitu banyak serta kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai pembuatan paspor secara online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas pembuatan paspor online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang. Dengan menggunakan teori efektivitas menurut Hessel Nogi Tangkilisan (2005) yang terdiri dari 4 indikator, yaitu ; pencapaian target, kemampuan adaptasi (fleksibilitas), kepuasan kerja dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara menyebar kuesioner. Sample pada penelitian ini berjumlah 97 orang dengan taraf kesalahan 10% menggunakan teknik Sampling Insidental. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase Tingkat Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang Provinsi Banten menghasilkan 73,96% dari angka minimal yaitu 70% hal ini dapat dikatakan berjalan dengan efektif. Saran dari peneliti adalah lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal perbaikan sarana dan prasarana, meningkatkan jumlah pegawai, lebih meningkatkan sosialisasi mengenai prosedur pembuatan paspor secara online, menambah kuota pemohon paspor online yang ditiap harinya dirasa kurang, dan meningkatkan kualitas jaringan, agar mempermudah masyarakat dalam mengakses website. Kata Kunci : Paspor Online, Efektivitas, Pelayanan Publik