PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI PASAR PANDEGLANG KABUPATEN PANDEGLANG

Main Authors: Kartika, Vika, Sjafari, Agus, Widyastuti, Yeni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1009/1/PENGELOLAAN%20RETRIBUSI%20PELAYANAN%20PASAR%20DI%20PASAR%20PANDEGLANG%20KABUPATEN%20PANDEGLANG%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1009/
http://ap.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Vika Kartika. NIM. 6661132054. 2018. Skripsi. Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Dr.Agus Sjafari M.Si. dan Pembimbing II : Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si Pengelolaan retribusi pelayanan pasar ini sangat penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada penelitian mengenai Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyak para pedagang tidak membayar sesuai dengan Perda No 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Teori yang digunakan adalah teori Manajemen Keuangan Daerah dari Mahmudi (2010 :17-18). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknis analisis data menurut Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perluasan basis penerimaan belum ada pengembangan, tidak ada peningkatan, tidak ada penambahan objek retribusi baru dan juga tidak meningkatnya tarif retribusi pelayanan pasar, adanya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pedagang dan petugas, kurangnya pengawasan, transparansi dan akuntabilitas belum terwujud, prosedur administrasi retribusi lebih mudah dan sederhana, sehingga belum maksimal dalam pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Saran peneliti yaitu Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Pandeglang ini melakukan sosialisasi kepada para pedagang guna memberikan kesadaran dalam membayar retribusi pelayanan pasar demi tercapainya target retribusi pelayanan pasar sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kata Kunci : Pengelolaan, Retribusi Pelayanan Pasar