Pengaruh Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial dan Pesan Kampanye Vaksinasi Covid-19 Melalui Media Sosial Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Pada akun Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok Kemenkes RI dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Kalangan Remaja Akhir 18-25 Tahun di Jakarta Timur)

Main Author: Fauziah, Fazalika Salmiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/10031/1/SKRIPSI-Fazalika%20Salmiati%20Full%20Scan.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/10031/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan informasi yang tinggi terkait vaksinasi covid-19 membuat masyarakat usia 18-25 tahun memiliki preferensi mendapatkan informasi vaksinasi covid-19 dengan menggunakan media sosial. Disisi lain, Kementerian Kesehatan RI terus melakukan komunikasi, edukasi melalui kampanye vaksinasi covid-19 melalui media sosial resminya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, termasuk kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun, media sosial Kemenkes RI membuat berbagai bentuk komunikasi pemasaran sosial vaksinasi covid-19 seperti kampanye dengan bentuk iklan layanan masyarakat, infografis dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran sosial dan pesan kampanye vaksinasi covid-19 Kemenkes RI melalui media sosial terhadap pemenuhan kebutuhan informasi vaksinasi covid19 pada kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori uses and gratification. Teori ini membahas bagaimana penggambaran proses penerimaan dalam komunikasi massa dan menjelaskan bahwa khalayak dapat memilih media yang diinginkannya sesuai dengan kebutuhannya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan total 100 responden dari kalangan usia 18-25 tahun di Jakarta Timur serta dianalisis dengan uji linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial dan Pesan Kampanye Vaksinasi covid-19 melalui Media Sosial Kemenkes RI secara simultan berpengaruh positifsignifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi vaksinasi covid-19 bagi remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur sebesar 79%. Variabel Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial Vaksinasi Covid-19 di Media Sosial Kemenkes RI memberikan pengaruh positif sebesar 74,3% dan Pesan Kampanye memberikan pengaruh positif sebesar 72,7% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi vaksinasi covid-19 pada kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur.