PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PAI SD NEGERI DI KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN
Main Author: | NURUNI, TRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/99/1/2014TS0035.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/99/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kinerja memiliki posisi penting dalam manajemen dan organisasi, karena keberhasilan dalam melakukan pekerjaan sangat ditentukan oleh kinerja. Kinerja terkait dengan seberapa baik seseorang melakukan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru, dan mengetahui pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja guru, serta mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI SD Negeri di Kecamatan Sidoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasinya, yaitu 32 guru PAI SD Negeri di Kecamatan Sidoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pengalaman kerja dan kinerja guru. Sebelum angket digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh (sensus) yaitu teknik penentuan sampel dengan cara semua anggota populasi digunakan sebagai sampel jika populasi kurang dari 100 orang sebaiknya seluruhnya diambil menjadi sampel. Uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi terpenuhi. Uji asumsi meliputi uji normalitas data, uji independensi variabel bebas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru PAI SD Negeri. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan memberikan kontribusi positif terhadap kinerja guru sebesar 25,1%. (2) terdapat pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja guru PAI SD Negeri. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pengalaman kerja memberikan kontribusi positif terhadap kinerja nguru sebesar 28,4%. (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI SD Negeri di Kecamatan Sidoharjo. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 36,9%. Pengaruh ini termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci: tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kinerja guru.