KORELASI ANTARA PERSEPSI TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SERTIFIKASI GURU DENGAN KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEDAN KLATEN TAHUN 2013

Main Author: SYUKUR, ABDULLAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/98/1/2014TS0034.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/98/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif korelasional ini bertujuan untuk: 1) mengetahui korelasi antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru pada MTsN Pedan Klaten, 2) mengetahui korelasi antara sertifikasi guru dengan kinerja guru, dan 3) mengetahui korelasi antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan sertifikasi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober - Desember 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi antara variabel persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,405 dan p-value sebesar 0,026. (2) terdapat korelasi antara sertifikasi guru dengan kinerja guru dengan nilai korelasi sebesar 0,400 dan p-value sebesar 0,029. (3) terdapat korelasi bersama-sama persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan sertifikasi guru dengan kinerja guru dengan nilai Fhitung sebesar 6,702 dan p-value sebesar 0,004. Sedangkan nilai R2 adalah 0,344 atau 34,4% berarti kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan sertifikasi guru sebesar 34,4%, sedangkan sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: persepsi terhadap kepemimpinan kepala sekolah, sertifikasi guru, kinerja guru