MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN GONDANGREJO KAB.KARANGANYAR

Main Author: SUDADI, SUDADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/97/1/2014TS0033.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/97/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan khususnya laboratorium pendidikan agama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam di MAN Gondangrejo Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan di MAN Gondangrejo, pada semester gasal tahun pelajaran 2013-2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala laboratorium pendidikan agama, sedangkan informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala bidang sarana prasarana, wakil kepala bidang kurikulum, kepala laboratorium pendidikan agama dan guru pendidikan agama. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan uji keterpercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program peningkatan Pendidikan Agama Islam melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana laboratorium pendidikan agama yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal.Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Kata kunci: manajemen sarana prasarana , kualitas pendidikan