UPAYA PESANTREN DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK YATIM DI PESANTREN AITAM INDONESIA NGASEM COLOMADU KARANGANYAR

Main Authors: Siti, muthoharoh, H., Sofwan Anwar Abdul Rauf, M.A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/622/1/Siti%20Muthoharoh.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/622/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Pesantren, Pembinaan akhlak anak yatim Melakukan pembinaan akhlak terhadap anak yatim tidak dapat dilakukan dengan instan. Akan tetapi membutuhkan proses secara kontinuitas (terusmenerus) melalui berbagai kegiatan. Karena baik dan buruknya akhlak seseorang akan berpengaruh terhadap dirinya sendiri, orang lain, lingkungan masyarakat dan negara. Sehingga tempat pembinaan yang tepat untuk anak yatim sangat diperhatikan, seperti pesantren yang memberikan pembinaan secara terusmenerus. Namun kondisi awal yang melekat pada anak yatim, kurang perhatiannya keluarga, kurang pahamnya anak yatim tentang akhlak yang mulia serta kurangnya kesadaran anak yatim dalam melakukan kegiatan secara maksimal memerlukan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pesantren agar akhlak anak menjadi akhlak yang mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pesantren dalam pembinaan akhlak anak yatim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Aitam Indonesia Ngasem, pada bulan April sampai dengan bulan Desember 2016. Subjek penelitian yakni Assatidz. Dan didukung informan yang terdiri dari pimpinan pesantren yaitu Ustadz Ahmad Syaifuddin, S.PdI dan santri meliputi Adik Sukma.. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan teknik triagulasi data, kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Assatidz berupaya melakukan pembinaan akhlak kepada anak yatim di pesantren aitam indonesia ngasem melalui berbagai kegiatan di pesantren dengan menghasilkan empat aspek/ruang lingkup, pertama aspek akhlak kepada Allah SWT. meliputi kegiatan mengajarkan anak yatim untuk shalat berjamaah, Sholat sunnah dhuha, tahajud, berdoa, dzikir dan alma‟surat. Kedua aspek akhlak kepada sesama yakni melalui kegiatan madrasah diniyah, tahsin, tahfidz, kegiatan dakwah, kegiatan lughoh, kegiatan evaluasi dan kegiatan rihlah. Ketiga aspek akhlak terhadap diri sendiri yaitu dengan bersikap terpuji seperti sholat sunnah, puasa sunnah, kegiatan rihlah, kegiatan life skill dan kegiatan kemandirian. Keempat aspek akhlak terhadap lingkungan yaitu dengan selalu merawat lingkungan Pesantren dengan cara membersihkannya setiap hari atau yang biasa mereka menyebutnya roan.