HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTs N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Nur, Aini Umi Mardiyati, Suyatman,, S.Pd, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/606/1/NUR%20AINI%20UMI%20MARDIYATI.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/606/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an Tahfidz atau menghafalkan Al-Qur‟an adalah suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Kegiatan menghafal Al-Qur‟an menuntut kemampuan mengendalikan kecerdasan emosional yang baik.Hal ini terkait dengan kesulitanmenghafalkan Al-Qur’an. Permasalahan yang sering menghinggapi para siswa terkait menghafal Al-Qur‟an adalah terkadang mereka mudah putus asa dan berpersepsi menghafalkan al qur‟an itu sulit, hal ini terlihat dari kurangnya keberanian dan merasa belum bisa menghafalkannya saat mereka menyetorkan hafalan kepada guru. Dan hafalan yang seharusnya disetorkan hari ini justru disetorkan di hari berikutnya, dampaknya hafalan pun menjadi terbengkalai dan semakin menumpuk yang secara otomatis target untuk menambah hafalan pun menjadi tertunda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Kemampuan menghafal Al-Qur‟ansiswa kelas VIII di MTs N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016serta, 3) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di MTs N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan di MTS N 2 Surakarta, dimulai pada bulan Maret sampai Desember 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs N 2 Surakarta yang berjumlah 76 siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes lisan.Ujicoba instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data menggunakan mean, modus, median danstandardeviasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas.Uji hipotesis menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII di MTS N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 nilai rata-rata 95,56, nilai median 99,5, nilai modus 98,5 dan tingkat standar deviasi 6,96. Berdasarkan analisi ini maka nilai rata-rata berada pada interval 91-100 yang menunjukan kategori sedang. (2) Kemampuan menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di MTS N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 nilai rata-rata 14,59, nilai median 14,25, nilai modus 13,87 dan tingkat standar deviasi 3,24. Berdasarkan analisi ini maka nilai rata-rata berada pada interval 11-16 yang menunjukan kategori sedang. (3) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur‟an pada siswa kelas VIII di MTS N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.