HUBUNGAN EMOTIONAL INTELLIGENCE DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI GEMOLONG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Mutmainah, Mutmainah, Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/599/1/Mutmainah.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/599/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Emotional Intelligence, Akhlak Siswa Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan akhlak siswa untuk menjadi siswa yang berakhlak mulia. Namun di MTs Negeri Gemolong ini ada beberapa siswa yang memiliki akhlak yang kurang baik diantaranya: berbicara kotor, bertingkah laku kurang sopan dengan yang lebih tua, membolos pelajaran, tidak menghormati gurunya dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran Emotional Intelligence siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong (2) Gambaran akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong (3) Hubungan antara Emotional Intelligence dengan akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Tempat penelitian di MTs Negeri Gemolong berlokasi di Jl. Solo Purwodadi Km 18 Ngembat, Padas, Gemolong, Sragen. Waktu penelitian Mei sampai Desember 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong sejumlah 168 siswa lalu diambil sampel dengan pedoman tabel krejcie tingkat kepercayaan 95% diperoleh sampel 114 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data dengan angket. Uji coba validitas dan reliabilitas dengan rumus korelasi Product Moment. Teknik analisis data dengan analisis unit yaitu mean, median, modus dan standar deviasi. Uji prasyarat analisis dengan rumus Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas, teknik analisis dengan rumus korelasi Product Moment untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Emotional Intelligence siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong termasuk dalam kategori kurang stabil. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean dari hasil angket tentang Emotional Intelligence sebesar 82,98, median sebesar 82,91, modus sebesar 82,84 dan standar deviasi sebesar 7,67. (2) Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong termasuk dalam kategori kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean dari hasil angket tentang akhlak siswa sebesar 75,15, median sebesar 75,66, modus sebesar 76,3, dan standar deviasi sebesar 8,06. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Emotional Intelligence dengan Akhlak siswa kelas VIII di MTs Negeri Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi Product Moment dengan taraf kesalahan 5% N=114 yaitu rhitung (0,671) > rtabel (0,176) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.