PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI SMP DARUL IHSAN MUHAMMADIYAH SRAGEN

Main Authors: Latifah, Waliyati, Drs., Sukirman, M.Ag.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/584/1/Latifah%20Waliyati.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/584/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islam, Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pendidikan merupakan salah satu usaha pemerintah di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi tercapainya pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang agama maupun umum. Anak-anak adalah generasi penerus yang akan menggantikan dan memegang tongkat estafet generasi tua. Agar mereka dapat menjadi generasi penerus yang bermoral religius, maka mereka harus dibina, dibimbing dan dilatih dengan benar dan baik melalui proses pendidikan. SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen berusaha mengembangkan pendidikan karakter yang dirancang untuk mencapai tujuan pembentukan karakter yang diharapkan. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP Darul Ihsan Muhammdiyah Sragen. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini dilakukan mulai pada bulan maret 2016 sampai bulan januari 2017. Subyek penelitian adalah pelatih dan siswa ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pendidikan karakter Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP Darul Ihsan Muhammdiyah Sragen yaitu: Pertama, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuker Tapak Suci Putera Muhammadiyah dalam penanaman nilai-nilai karakter Islam dengan diadakannya kegiatan-kegiatan seperti: Pendidikan dan latihan rutin setiap hari selasa dan jum’at, Ujian Kenaikan Tingkat (UKT), pertandingan dan kejuaraan, pemilihan atlit, dan latihan tambahan. Kedua, materi ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah meliputi materi KeIslaman, Kemuhammadiyahan dan keTapaksucian. Ketiga, dalam pelaksanaan pendidikan kareakter Islam juga menggunakan metode diantaranya: Metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan perhatian, dan metode reward and punishment. Metode ini bertujuan agar siswa termotivasi menjadi seorang muslim yang baik dan berakhlak mulia