Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Hadroh di SMK Batur Jaya 2 Ceper Klaten Tahun Ajaran 2016/2017

Main Authors: Agus, Pramono, Drs., Abdullah Faishol, M. Hum, Dr., Toto Suharto, S. Ag M. Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/536/1/Agus%20Pramono.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/536/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Penguatan Karakter, Nilai-nilai Karakter, Ekstrakurikuler Rebana/hadroh, Deskriptif Kualitatif Pendidikan karakter merupakan program jitu pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya tindakan kejahatan di masyarakat. Pendidikan karakter di sekolah sangat diperlukan, walaupun dasar dari pendidikan karakter adalah di keluarga. Pendidikan karakter yang ditawarkan ini bertujuan untuk memperbaiki kegagalan yang telah terjadi selama ini. Dalam sekolah SMK Batur Jaya 2 Ceper, Klaten ini, pendidikan karakter tidak hanya ditanamkan dalam kelas akan tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Mengingat kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang selama ini diselenggarakan sekolah merupakam salah satu media potensial untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Program ini bertujuan untuk mengurangi kegiatan peserta didik agar setelah akhir jam sekolah, mereka tidak ikut-ikutan peserta didik sekolah lain tawuran dan nongkrong di pinggir jalan. Selain itu agar peserta didik mempunyai kegiatan positif, yaitu menjaga tradisi warga muda NU yang kini mulai langka dan ditinggalkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian adalah di SMK Batur Jaya 2 Ceper, Klaten, waktu penelitian adalah 2 bulan yaitu November-Januari. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah SMK Batur Jaya 2 Ceper, Wakasek kurikulum dan kesiswaan. Subyek penelitian ini adalah guru tenaga guru ekstra hadroh SMK Batur Jaya 2 Ceper. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data, yaitu membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang penguatan karakter siswa melalui program ekstrakurikuler PAI Hadroh di SMK Batur Jaya 2 Ceper, Klaten, diperoleh kesimpulan bahwa ada tiga hal yang dilakukan untuk menguatkan karakter siswa; moral knowing, moral loving, moral doing. Adapun nilai karakter kegiatan ekstrakuler rebana ini antara lain; a) religius b) percaya diri c) peduli sosial d) tanggung jawab e) jujur f) disiplin.