HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTsN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Indah, Novia Sari, Dr., Retno Wahyuningsih., M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/514/1/8.%20Indah%20Novia%20Sari.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/514/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci :Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Motivasi Berprestasi Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adanya keinginan untuk menunjukkan prestasi di sekolah seringkali juga menimbulkan kasus-kasus negatif dimana siswa menghalalkan segala cara untuk meraih prestasi, seperti dengan berbuat kecurangan saat ujian (2) Lembaga pendidikan formal mengukur tingkat kecerdasan siswa melalui nilai yang diperoleh dari faktor kognitif (3) Banyak siswa dengan tingkat usia 12-15 tahun yang mengalami krisis moral. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui (1)Hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTsN Gondangrejo tahun pelajaran 2016/2017 (2)Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII MTsN Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017 (3)Hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII MTsN Gondangrejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan menggunakan spearman rank dan korelasi ganda. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Gondangrejo, Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, mulai bulan Juni sampai bulan November 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan mengambil sampel sebanyak 112 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini didasarkan pada hasil uji signifikansi rho = 0,77 dan t hitung (12,87) > t tabel (1,98), (2) terdapat hubungan kecerdasan spiritual dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini didasarkan pada hasil uji signifikansi rho = 0,99 dan t hitung (73,41) > t tabel (1,98), (3) Sehingga ada hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran aqidah akhlak tahun pelajaran 2016/2017 Karanganyar dengan bukti diperoleh harga Fhitung (2445) > Ftabel (3,09).