BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU INTERMITTENT EXPLOSIVE ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI YPAC SURAKARTA

Main Authors: ALDI PRATAMA, ALDI, Kholilurrohman, Kholilurrohman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/4531/1/Aldi.pdf%20-%20Aldi%20Pratama.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/4531/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Aldi Pratama, Nim : 151221128, Bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk menurunkan perilaku Intermittent Explosive anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di YPAC SURAKARTA. Skripsi: Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said (UIN) Surakarta. 7 Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang maha indah dan paling tinggi drajatnya. Allah SWT bahkan menciptakan anak berkebutuhan khusus atau ABK yang dalam kasus ini lebih membahas terhadap anak ADHD pun juga diberikan anugrah yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menghadapi tantangan dan rintangan hidup agar mampu berinteraksi baik secara individu atau kelompok untuk membangun kehidupan yang terpadu. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif karena peneliti tidak memberikan tindakan apapun terhadap obyek penelitian. Peneliti hanya melihat, mengobservasi, mengumpulkan dan menafsirkan data yang ada dilapangan sebagai mana adanya untuk mengambil kesimpulan. Tujuan utamanya dari proses bimbingan kelompok dengan modeling dengan alat musik ini yaitu anak yang menderita perilaku intermittent Explosive ini bisa sedikit demi sedikit bisa mengontrol perilakunya yang tadinya suka melempar dan memukul barang atau orang disekitarnya sedikit demi sedikit dapat secara bertahap dapat mengontrol amarahnya dan dengan kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan teratur akan bisa menghilangkan perilaku negatifnya tersebut. Kata kunci: ADHD, Intermittent Explosive, Penelitian Kualitatif, Teknik Modeling, Alat Musik.