STRATEGI HUMAS KABUPATEN KARANGANYAR DALAM UPAYA PENGEMBALIAN CITRA POSITIF (STUDI KASUS GLA DAN BKK DI KABUPATEN KARANGANYAR)

Main Authors: Zaqiyah, Muawanah, Fathan,, S.Sos, M.Si, Agus, Sriyanto, S.Sos, M.Si
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/449/1/1.%20Zaqiyah%20Muawanah.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/449/
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Zaqiyah Muawanah, NIM : 13.12.11.038. Strategi Humas Kabupaten Karanganyar Dalam Upaya Pengembalian Citra Positif (Studi Kasus GLA dan BKK Di Kabupaten Karanganyar). Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. Skripsi ini berawal dari Krisis Kepemimpinan Bupati terjadi pada Kabupaten Karanganyar pada masa jabatan Rina Iriani Sri Ratna Ningsih pada periode ke II. Rina Iriani menerima uang Rp 11,1 miliar dari proyek perumahan bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA) di Desa Jeruksawit, Kecamatan Gondangrejo. Kasus lain korupsi Badan Kredit Karanganyar (BKK) yang mengakibatkan Negara Rugi Rp3,4 Miliar. Perbuatan korupsi dilakukan Rina Iriani telah merugikan masyarakat kecil di Karanganyar karena tidak bisa menikmati rumah bersubsidi Griya Lawu Asri (GLA). Pemberitaan media massa tentang kasus korupsi Rina iriani yang tidak ada hentinya. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menyebutkan citra negatif Kabupaten Karanganyar pada masa Rina Iriani terlihat dari kurangnya perhatian pada infrastruktur Kabupaten Karanganyar. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Humas Kabupaten Karanganyar Dalam Upaya Pengembalian Citra Positif (Studi Kasus GLA dan BKK di Kabupaten Karanganyar) penelitian dilaksanakan di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jl. Nyi Ageng Karang No 1, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang digunakan untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok suatu program, organisasi, atau peristiwa yang sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah Humas menjalankan strategi peningkatan komunikasi informasi publik dengan mengadakan liputan semua kegiatan yang berhubungan dengan GLA dan BKK. Humas Kabupaten Karanganyar menjalin hubungan dengan awak media untuk berkerja sama menyampaikan informasi GLA dan BKK melalui media-nya masing-masing. Humas Kabupaten Karanganyar menuangkan beberapa gagasan baru yang dapat menarik minat masyarakat agar tertarik dengan program (GLA), seperti pemberian subsidi, uang muka ringan, dan angsuran yang ringan. Humas Kabupaten Karanganyar ikut berperan dalam Pengembalian citra BKK dengan mempublikasikan keberadaan BKK secara umum, dan memfasilitasi kegiatan BKK yang akan melibatkan masyarakat secara langsung. Citra Kabupaten Karanganyar sudah kembali positif terbukti dengan banyaknya masyarakat yang antusias dengan program GLA dan BKK. Kata Kunci : Strategi, Pengembalian Citra, Pasca Kepemimpinan Rina Iriani ABSTRACT ZAQIYAH MUAWANAH, SRN: 13.12.11.038. The Strategy of Karanganyar Region’s Public Relation Agency in Effort to Turn the Positive Image (ACase Study GLA and BKK in Karanganyar Region). A Thesis, Communication and Islamic Broadcasting, Ushuludin and Dakwah Faculty. The State Islamic Institute of Surakarta. 2017 This thesis begun by the Crisis of leadership happening in Karanganyar Region in the length service of RinaIriani Sri Ratna Ningsih in the II Period. RinaIriani received Rp. 11, 1 Milliard from the subsidy home project of GriyaLawuAsri (GLA) in JeruksawitVillage, in the Gondangrejo District. The other case was Corruption. The Karanganyar Credit Agency stated that The Country was loss profit Rp. 3,4 Milliard. The Iriana’s corruption deed had been harmed the society because they unenjoyable the subsidy home project of GriyaLawuAsri (GLA). The news mass media distributed that Iriana’s corruption deed everlasting. Transportation Communication and Informatics service stated government’s bureaucracy pattern and Rina’s LKPJ beating around the bush and the societies’ believes to the Karanganyar Region Government became less. This thesis haspurpose to understand about the strategy of Karanganyar Region’s Public Relation Agency in effort to turn the positive image (A Case Study GLA and BKK in Karanganyar Region). The study take a place in Transportation Communication and Informatics service Nyi Ageng Karanganyar Street Number. 01, Karanganyar. This study used qualitative approach with case study method. The research methodology used some data resources to study, to analyze, and to define comprehensively some individual aspect, a program community, organization, or systemic event. The result from this study is Public Relations Agency.Public Relations Agency had done enhancement in public communication and information through conducting publication about all of activities that relate to GLA and BKK through their each media. Karanganyar Region’s Public Relations Agency stated some new ideas that interest able the societies’ interest to persuade them leading (GLA), such as giving subsidy, light down payment, and light installment payment. Karanganyar Region’s Public Relations Agency had big participation relate to the BKK image trough published BKK commonly, and facilitated some BKK event that involved society directly. The Karanganyar Region image had become positive proven by many people that really enthusiast with GLA and BKK program. Key Words: Strategy, Image Turn, After RinaIriani’s Leadership.