POLA BIMBINGAN DALAM MENUMBUHKAN BAKAT ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI LEMBAGA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK PINGGIRAN (PPAP) SEROJA SURAKARTA
Main Authors: | Albig, Komajaya, Budi, Santoso, S.Psi, Supandi,, S. Ag., M.Ag |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/431/1/2.%20Albig%20Komajaya.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/431/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK ALBIG KOMA JAYA (121221004). Pola Bimbingan Dalam Menumbuhkan Bakat Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta. Anak yang mengidap ADHD akan sangat kesulitan mempertahankan perhatiannya pada suatu tugas tertentu. Kesulitan ini bukan disebabkan karena adanya rangsangan-rangsangan luar yang mengganggu mempertahankan perhatiannya. Sehingga banyak menyebabkan orang tua bingung membimbing dan memasukkan anak ke lembaga atau sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola bimbingan dalam menumbuhkan bakat anak ADHD di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta pada bulan Juli sampai Agustus 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing di Lembaga PPAP Seroja Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumentasi dan arsip. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi data. Data yang terkumpul dianalisis dengan di reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pola bimbingan dalam menumbuhkan bakat anak ADHD di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta menggunakan pola bimbingan pribadi-sosial dengan langkah-langkah pengamatan, penetapan, perencanaan, dan pelatihan. Dengan metode yang digunakan adalah main peran, sentra sains, sentra balok, sentra imtaq, sentra bahan alam, face to face dan hati nurani . Kata Kunci : Pola Bimbingan, Metode, Anak ADHD