MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2015/2016
Main Authors: | Titik, Andriyaningsih, Prof. Drs. H., Rohmat, M.Pd, Ph.D,, Dr., Moh. Bisri, M.Pd., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/415/1/Titik%20Andriyaningsih.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/415/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Dalam proses pendidikan, guru terutama guru PAI mempunyai eksistensi dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016, 2) Mengetahui hambatan dan solusi dalam manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Manyaran, pada bulan September sampai November 2016. Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri2 Manyaran. Adapun informan dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Komite dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun 2015/2016 dilakukan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dengan system penilaian, (2) Hambatan dalam manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun 2015/2016 adalah kebanyakan siswa tidak memiliki background agama yang cukup dan siswa belum cukup memahami dan mengerti baca tulis Al-Qur’an.Adapun solusi dalam menejemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 2 Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun 2015/2016adalah dengan seorang guru selalu memberi motivasi dan menyuruh untuk mencari seorang guru ngaji atau guru private. Selain itu guru mengadakan pembelajaran yang menggunakan metode tutor sebaya atau belajar bersama-sama di luar jam pelajaran. Kata kunci: manajemen, pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. Abstract Islamic Education is the subject developed by basic thoughts of Islam. In the education process, the teachers, especially Islamic Education teachers, have an existence to help the development of the students to optimally realize their aims of life. This research is intended to determine: 1) the description of learning management of Islamic education at SMP N 2 Manyaran in district Wonogiri of 2015/2016, 2) the obstacles and the solutions of learning management of Islamic education at SMP N 2 Manyaran in district Wonogiri of 2015/2016. This research used qualitative method. This research was conducted in SMP N 2 Manyaran in September until November 2016. The subject of this research was the four Islamic Education teachers of SMP N 2 Manyaran. Informants of this research were the Principal, the Vice Principal of Curriculum, the Committee, and the students. Techniques of collecting the data were interview, observation, and documentation. Validity of the data used triangulation of data and sources. Analysis of data used interactive method, data collection, data display, data reduction and conclusion. The results of this research are (1) learning management of Islamic education at SMP N 2 Manyaran in district Wonogiri of 2015/2016 is implemented through planning, organizing, implementing, and evaluating with assessment system, (2) the obstacles in learning management of Islamic education at SMP N 2 Manyaran in district Wonogiri of 2015/2016 are limited time, most of students do not have sufficient religious background, and they do not understand and comprehend the Qur’an well. Meanwhile, the solutions of learning management of Islamic education at SMP N 2 Manyaran in district Wonogiri of 205/2016 are the teacher should motivate and look for other teachers able to teach reciting the Qur’an or private teacher. In addition, the teacher also conducts learning using the method of similar tutor or studying together in outside of learning schedule. Keywords: management, education, islamic religious education teachers ةصاخو نوملعلما مإ ةيبترلا ةيلمع في .ملاسلإا سسأ نم ةدراولا سوردلا نم اهريوطت م ةدام يه ةيملاسلإا ةيبترلا ةيملاسلإا ةيبترلا ةدام نوملعم ةدعاسلم مهدوجو ن ثحبلا اذه فادهأو .لثملأا ةقيرطب م ايح فده لىإ لوصولا ىلع ذيملاتلا :يه ۱ ( ةنسلا ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما في ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا ملعت فصيل ۲۰۱۵ – ۲۰۱٦ ، ۲ ( ةفرعلم ةنسلا ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما في ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا ملعت ةرادإ في لوللمحاو قئاوعلا ۲۰۱۵ – ۲۰۱٦ في ثحبلا ىرج .يعون جهنم ثحبلا اذه في لمعتسي ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما يربميفون لىإ يربمتبس رهشلا في ۲۰۱٦ يملعم وه ثحبلا عوضوم . في ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا .صاخشأ ةعبرأ ينملعلما ددعو ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما ةسردلما جهانم ليكوو ةسردلما سيئر :مه ثحبلا اذه في نوبرخلما امأو .ذيملاتلاو ةنجللاو ةقيرط لمعتست ت ايبلا عجم ةلباقلما ةبقارلماو ا ثيلثت لمعتسي ت ايبلا ةحص .قيثوتلاو ضرعو ت ايبلا عجمو لعافتلا ةقيرط لمعتست ت ايبلا ليلتح .رداصلماو ت ايبل .ةصلالخاو ت ايبلا ضيفتخو ت ايبلا :اهنم ثحبلا جئاتن ۱ ( ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا ميلعت ةرادإ ةنسلا ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما في ۲۰۱۵ – ۲۰۱٦ طيطختلاـب ةرادلإا كلت يدؤيو ةبسالمحاو ذيفنتلاو ميظنتلاو .ريدقتلا ةموظنبم ، ۲ ( ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا ميلعت في قئاوع في ةنسلا ناراينم ةيموكلحا ةطسوتلما ةسردلما ۲۰۱۵ – ۲۰۱٦ ةيبترلا ةيفلخ مهدنع ام ذيملاتلا نم يرثكو تقولا ةلق يه قئوعلا كلتو آرقلا اومهفي لم مهضعبو ةيافكب ةيملاسلإا .ةءارقو ةباتك ن ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلا ميلعت في جرخلما امأ ا ةسردلما في ةيموكلحا ةطسوتلم ةنسلا ناراينم ۲۰۱۵ – ۲۰۱٦ ميلعتلا ةماق وه رخلآا جرخلماو .نآرقلا ملعلما راضح كلذكو ذيملاتلا ثحيل ملعلما راضح وه .ةساردلا تقو جراخ ذيملاتلا ينب سرادتلا ةقيرط ىلع ةينيدلا ةيملاسلإا ةيبترلاو ميلعتلاو ةرادلإا :ثحبلا تاملك