IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PARON NGAWI

Main Authors: Saiful, Mufid, Dr., Hj. Erwati Aziz, M.Ag, Dr. H., Abdul Matin Bin Salman, Lc, M.Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/412/1/Saiful%20Mufid%20ok.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/412/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Peningkatan mutu pendidikan terletak pada proses manajemen pembelajaran serta pengelolaan sekolah/madrasah. Dalam hal tersebut Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Paron Ngawi berusaha agar manajemen pembelajaran berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN Paron Ngawi. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan manajemen pembelajaran beserta solusi dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN Paron Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Paron Ngawi dari bulan April sampai bulan Juni 2016. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah. Sedangakan informan penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, Kepala Tata Usaha, beberapa orang guru, dan beberapa siswa. Objek penelitian ini adalah manajemen pembeajaran. Metode pengumpulan data menggunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunkan triangulasi metode dan sumber. Sedangkan Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN Paron Ngawi meliputi proses (a) Penyusunan RPP (b) Pengelolaan Pembelajaran (c) Pelaksanaan Pembelajaran (d) Evaluasi Pembelajaran (2) Hambatan dalam manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN paron meliputi (a) penghambat perencanaan pembelajaran yaitu masih ada guru yang belum mahir untuk menyusun RPP (b) penghambat pelaksanaan pembelajaran yaitu banyak siswa yang pasif dalam pelaksanaan pembelajaran walau sudah diberi stimulus oleh guru. (c) penghambat dalam evaluasi pembelajaran yaitu terlalu banyak persiapan yang dilakukan dalam penilaian ditambah jumlah siswa yang cukup banyak. (3) Solusi terhadap hambatan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu lulusan di MAN Paron Ngawi meliputi (a) Solusi penghambat perencanaan pembelajaran yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan mengenai cara menyusun silabus dan RPP (b) Solusi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada aktifitas siswa (c) solusi penghambat dalam evaluasi pembelajaran dengan memvariasi tehnik penilaian. Kata Kunci: implementasi manajemen pembelajaran, mutu lulusan Educational enhancement is laid on the learning management process as well as the management of the school. Thus, the principal of the State Islamic High School (MAN) Paron tries to make the learning management runs well. The purposes of this research are: (1) to describe the learning management in improving the quality of graduates in MAN Paron. (2) to describe the barriers of the learning management and the solutions in improving the quality of graduates in MAN Paron. This research used a descriptive qualitative approach. This research was carried out in MAN Paron from April until June 2016. The research subject was the Principal. While the informants of this research were Deputy Head of the Madrasa of curriculum areas, the Chairman of Administration, some teachers and some students. Data collection method used (1) observation, (2) interview, and (3) documentation. The technique of the data validity applied a triangulation of methods and sources. While the techniques of data analysis used interactive model consists of data collection, data reduction, data display and verification. The conclusions of this research are (1) the learning management in improving the quality of graduates in MAN Paron includes (a) the preparation of the RPP (b) Learning Management (c) the implementation of Learning (d) evaluation of learning (2) obstacles in learning management in improving the quality of graduates in MAN Paron include (a) the inhibitor factor of the learning planning is lack of awareness of the teacher to compile the RPP (b) the inhibitor factor of implementation of learning i.e. There are many passive students in the implementation of learning even though it has been given a stimulus by the teacher. (c) the inhibitor factor of the evaluation of learning, i.e. too much preparation done in judgment plus the number of students that quite a lot. (3) The solutions of learning management to the obstacles in improving the quality of graduates in MAN Paron include (a) The solution of inhibitor factor for planning study is done by conducting several trainings on how to arrange a syllabus and a RPP (b) The solution of inhibitor factor for the implementation of learning is by using learning strategies that emphasis more on the student's activities (c) The solution of inhibitor factor for the evaluation of learning is done by varying the assessment techniques. Keywords: implementation of learning management, quality of graduates ريدم لوايح كلاذلف .ةسرددا ةرادإ و ميلعتلا ةرادإ ةيلمع ىلع عوضوم ميلعتلا ةيقرت ناك ةيقًل ةسرددا دا عون ت نجرخ نسح ةليسوب ةرادإ ثحبلا اذى فدهيو .ميلعتلا ٔ ريوصتل . ةرادإ ميلعتلا ةيقًل دا عون ت نجرخ .نوراف ةيموكحا ةيل اعلا ةسردبم ٕ عون ءاقترلإا نم لولح و قئاوع ريوصتل . .يواع نوراف ةيموكحا ةيل اعلا ةسردم في نجرختدا عراش في يواع نوراف ةيموكحا ةيلاعلا ةسردداب ماقي .ايريوصت اييصو اثبح ثحبلا اذى ناك نوراف - نم ثحبلا اذى ءادبيو .يواع ةنيدم يواع ماع وينوي ىح ليربا رهش ٕٓٔ2 عوضومو .م ،ةذتاسلأا ضعبو ،ةرادلإا سيئرو ،ةسرددا ريددا بئان مهف هوبرمخ امأو .ةسرددا ريدم وى ثحبلا يهف ثحبلا ةباتك في ةجاتلمحا تانايبلا ىلع لوصولل ثحابلا اهيلع راس يلا ةقيرطلا امأو .ذيماتلاو ٔ . ،ةظحادا ةقيرط ٕ ،ةلباقداو . ٖ قرطلا ثيلثتلا ةقيرط يى تانايبلا حيحصتل ةقيرطو .ةيقيثوتلاو . ،تانايبلا عجم ىلع نوكتت ةيلعايت ةقيرط يى داودا ليلحتل ةقيرطو .رداصداو يمدقت ،تانايبلا ضييخ .صحيلاو ،تانايبلا يهف ثحبلا جئاتن امأو ٔ ةيموكحا ةيلاعلا ةسرددا في نجرختدا ةيقًل ميلعتلا ةرادإ لمشت . .سيردتلا يموقت )د .سيردتلا ذيينت )ج .سيردتلا ةرادإ )ب .سيردتلا ةطخ فيلأت )أ ةيلمع ىلع نوراف ٕ قيبطت قئاوعو . ةرادإ ةيقًل ميلعتلا دا ت نجرخ ةيموكحا ةيل اعلا ةسردداب نوراف ميلعتلا ةطخ لاخ نم ٌعي ٔ .) نم روعشلا ليلق .سيردتلا ةطخ فيلأتل سرددا ٕ ةيلمع في ةيملعت ةبغر ذيماتلا كليم ا ) ٌعي سي ردتلا يموقت لاخ نمو .مهيلع سرددا ّ ثح ولو ميلعتلا ٖ ) ةيلمع في رثك دادعتساب سرددا موقي و يموقتلا ةرثك ذيماتلا ةلجم . ٖ ع ليلحو . يى نوراف ةيموكحا ةيلاعلا ةسرددا اههجوت ىلا قئاوعلا كلت ن ل ةذتاسلأا بيردت )أ فيلأت عّ ونت )ج .ةيلاعف ةقي رط ةذتاسلأا مدختسي )ب .جهندا و ةيسي ردتلا ةطخا .يموقتلا قرط ةذتاسلأا ملك تا ةسيئر : قيبطت لعتلا ةرادإ ي داو ،م ت نجرخ