MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AZ-ZAHRA SRAGEN

Main Authors: Siti, Nurul Fuada, Dr. H., Baidi, M.Pd, Dr., Moh. Bisri, M.Pd.,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/410/1/2.%20Siti%20Nurul%20Fuada.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/410/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pembinaan guru dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Az-Zahra Sragen. 2) Faktor- faktor yang menghambat dalam pembinaan guru. 3) Solusi yang ditempuh dalam mengatasi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Az-Zahra Sragen, pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2016. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala SDIT Az-Zahra Sragen. Sedangkan informannya adalah wakil kepala sekolah, sebagian guru, ketua komite sekolah, dan pengurus Yayasan Lembaga Bakti Muslim (YLBM) Al-Falah Sragen. Teknik pengumpulan data dengan metode pengamatan, wawancara, dan dokumen. Analisa data dengan interactive model yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terlaksananya manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan guru di SDIT Az-Zahra Sragen yang dapat dideskripsikan melalui: (a) Adanya perencanaan jangka panjang dan perencanaan tahunan, yang dilengkapi dengan analisis SWOT. (b) Adanya pembagian tugas yang jelas yang tersusun dalam organisasi sekolah. (c) Pelaksanaan pembinaan meliputi pembinaan kompetensi pedagogik dengan kegiatan-kegiatan rapat rutin, pendampingan penyusunan silabus dan RPP serta perangkat pembelajaran lainnya, mengadakan workshop KTSP, mengaktifkan kegiatan KKG. Kompetensi kepribadian dengan kegiatan tarbiyah, tausiyah, one day one juz membaca Al-Qur‟an, one day one ayat menghafal Al-Qur‟an, tahsin Al-Qur‟an, pemberian contoh teladan. Kompetensi sosial diasah melalui program 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), pelatihan komunikasi melalui kegiatan tarbiyah, tausiyah, pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh sekolah. Kompetensi profesional dilaksanakan dengan mengikutsertakan guru dalam PLPG, serta pelatihan pembelajaran berbasis IT. (d) Evaluasi dilakukan melalui supervisi dan rapat koordinasi. 2) Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan guru, yaitu: (a) Kurangnya pengalaman para guru dalam keterampilan pembelajaran. (b) Kurangnya pengetahuan guru dalam teknik berkomunikasi yang efektif. (c) Banyaknya guru wanita yang berusia produktif sehingga banyak guru yang mengambil cuti. 3) Solusi yang ditempuh untuk mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan: (a) Mengadakan berbagai workshop dan pelatihan. (b) Mengadakan berbagai macam kegiatan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi yang efektif. (c) Mengangkat guru piket yang tugasnya khusus mengisi kelas yang kosong. Kata kunci: manajemen kepemimpinan kepala sekolah, dan pembinaan guru ABSTRACT The development of teacher is intended to increase teachers‟ competency. The aims of this research are to determine: 1) principal leadership management in the development of teacher in SDIT Az-Zahra sragen, 2) the inhibiting factors in the teacher‟s development, 3) the solutions to overcome those factors. This research was applied qualitative descriptive approach. This research was conducted in SDIT Az-Zahra in August until October 2016. The subject of this research was the Principal of SDIT Az-Zahra Sragen. Meanwhile, the informants were the vice principal, some teachers, chief of school committee and board of the Foundation Institutions of Bakti Muslim (YLBM) Al-Falah Sragen. Technique of collecting data used observation, interview, and document. Analysis of data used interactive model, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results of this research show that: 1) The implementation principal leadership management in the development of teacher in SDIT Az-Zahra Sragen can be described as follows: (a) The long-term and annually planning completed with SWOT analysis. (b) Clear division of tasks arranged in school organization. (c) The implementation of developments including the development of pedagogic competency of regular meetings, the guidance of the arrangement of syllabi, teaching plan and other learning devices, the implementation of workshop KTSP, the activation of KKG. Personal competence includes tarbiyah, tausiyah, one day one juz by reading the Qur‟an, one day one verse by memorizing the Qur‟an, tahsin Al Qur‟an, giving some good examples. Social competency is conducted through 5 T (to smile, to address, to greet, to be polite, to be modest), the training of communication through any events of tarbiyah, tausiyah, the school meetings. Professional competency is conducted by involving the teachers in PLPG, and IT-based learning. (d) The evaluation is through supervision and coordination meeting. 2) Some difficulties faced are: a) Lack of teacher‟s experience. b) Lack of teacher‟s knowledge in the technique of effective communication. c) Many productive women teachers that is often to take leave. 3) The solutions to overcome the difficulties are: (a) To conduct workshops and trainings. (b) To conduct any events to measure the ability of effective communication. (c) To point on-duty teachers to substitute the truant teacher in class. Keywords: principal leadership management, teacher‟s development صيخلتلا نملعدا ةءافك نسحتل نملعدا بيردت يلع متي . وى ثحبلا اذى نم ؼادىأ : ١ ) . سي ِ ئ ر ةدايق ة رادا ةلماكتدا ةيماسلإا ةيئادتبلإا ةسرددا ى نملعدا بيردت ى ةسرددا " رىزلا " نغارس . ٢ ) . ى ؽوعت يلا لماوعلا نملعدا بيردت . ٣ ) . ةمئاقلا دويقلا يلع بلغتلل ةذختدا ؿولحا . ةيعونلا ةيفصولا ةقيرطلا يى ثحبلا اذى ى ةلمعتسدا ةقيرطلا . ى وهف ثحبلا اذى ةيلمع فاكم امأو ةلماكتدا ةيماسلإا ةيئادتبلإا ةسرددا " رىزلا " نغارس . ربوتكأ ىإ سطسوغأ رهش نم تقولا و ٢٠١٦ . دصق ةسسؤدا ةمظنم ،ةسرددا ةنج سي ِ ئ ر ،سرددا ،ةسرددا سي ِ ئ ر بئان وى برخدا و ،ةسرددا سي ِ ئ ر وى ثحبلا اذى " حافلا " نغِ ا رس . ،عمجا وى تانايبلا ليلتح ةقيرط ،ةيقثوتلاو ،ةلباقدا ،ةظحادا يى تانايبلا عجم ةقيرط طابنتسلإا و ،ءارقتسلإا ،صيلقتلا . ىلع ثحبلا اذى ةجيتن تلد : ١ ) . ةسرددا ى نملعدا بي ردت نع ةسرددا سي ِ ئ ر ةدايق ة رادا دوج و ةلماكتدا ةيماسلإا ةيئادت ْ بلإا " رىزلا " نغارس , يليام يلع رباعي و : ( أ ) . و ليوطلا ىدم يلع ةياغلا دوجو ىونس , ليلحتب لمكتو . (SWOT) ( ب ) . ةسرددا ةمظنم ى ةبتردا و ةحضاولا ةفيظولا ميسقت دوجو . ( ج ) . دقع ،اىرغو سيردتلا تاوطخ ةعانص ى ويجوتلا ،ةرمتسدا ةيعامتجلإا ةطشنأب ةيوبرلا ةءافك لثم بيردتلا دوجو بيردتلا (KTSP) تاطاشنلا و . (KKG) ى دحاو ءزج ـويلا ى ،ةيسوتلا ،ةيبرلا ةطشنأب ةيصخشلا ةءافك ةنسح ةوسأ نيوكتب ،فارقلا نستح ،فارقلا ظفح ى ةدحاو ةيا ـويلا ى ،فارقلا ةءارق . رباعي ةيعامتجلإا ةءافك روما ةسخم ىلع ( ةلماجا ،بذهدا ،ـاسلا ،ؿابقتسلإا ،مسبتلا ) . ةطشنأب ـاكلا ةءافك نع بيردتلا امأ و ةسرددا ربدبم ءاقللا دقع ،ةيسوتلا ،ةيبرلا . ى نملعدا ؾارشإ ؿاخ دقع يذلا ةينهدا ةءافكو (PLPG) و ايجونكتلا ى مئاقلا سيردت ىلع بيردتلا . ) د ) . ؼارشلإا تاعامتجإ و قيسنتلا ؿاخ نم مييقتلا . ٢ .) يى نملعدا بيردت نع تاكشدا : ) أ ) . نملعدا ةبرخ دوجو ـدع . ) ب ) . لصاوتلا ى نملعدا ةفرعم ـدع ؿاعفلا . ) ج ) جاتنلإا نس ى تاملعدا نم رثك . ٣ ) . يى ةمئاقلا دويقلا يلع بلغتلل ةذختدا ؿولحا : ) أ ) . ةفلتخدا تابيردتلا دقع ىلع راثكإب . ) ب ) . ؿاعفلا لصاوتلا ى تاطاشنلا ةدقع . ) ج ) . مصتعدا ملعد ةيلوؤسم غرافلا لصفلا ؿوخدل . ةملكلا : نملعدا بي ردت و ةسرددا سي ِ ئ ر ةدايق ة رادا