MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA KEPALA MADRASAH PADA TENAGA PENDIDIK DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI MANYARAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Endang, Dwi Hastutiningsih, Prof. Drs. H., Rohmat, M.Pd, Ph.D,, Dr. H., Baidi, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/409/1/1.%20Endang%20Dwi%20Hastiningsih.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/409/
Daftar Isi:
  • Abstrak Kualitas sumber daya manusia menjadi persoalan utama dalam bidang pendidikan di Indonesia, oleh karena itu masalah peningkatan profesionalisme tenga pendidik sangatlah penting untuk diperhatikan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran tahun ajaran 2015/2016, 2) Analisis hambatan manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran tahun ajaran 2015/2016, 3) solusi manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Manyaran, pada bulan September sampai November 2016. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah MTs Negeri Manyaran. Adapun informan dalam penelitian adalah Wakil Kepala Madrasah, guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi data dan Triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, proses rekrutmen, pelatihan, pemberian kompensasi dan evaluasi, (2) Hambatan manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran tahun ajaran 2015/2016 adalah pada pengelolaan sumber daya manusia, pengembangan pelatihan tenaga pendidik dan tingkat kompleksitas kerja guru yang terlalu tinggi, (3) Solusi manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Madrasah pada tenaga pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri Manyaran tahun ajaran 2015/2016 adalah dengan meningkatkan dukungan dari luar dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik. Kata kunci: manajemen, sumber daya manusia, kepala madrasah. Abstract The quality of human resources is a major problem in the field of education in Indonesia, therefore the problem of improving the professionalism tenga educators is important to note, this study aims to determine: 1) the management of Human Resources Principals to educators in improving the quality of education in MTs Manyaran country 2015/2016, 2) Analysis of Human Resource management barriers Principals to educators in improving the quality of education in MTs Manyaran 2015/2016, 3) Human Resource management solutions Principals to educators in improving the quality of education in MTs Manyaran 2015/2016. This study uses a qualitative method. The study was conducted at MTs Manyaran, in September and October 2016. The subjects were Waka Madrasah Principals and Manyaran MTs. The informant in this research is the teachers and students. Technique data collecting by interview, observation and documentation. The theory of the validity of the data using triangulation and triangulation of data sources. Theory analysis of data using interactive methods, data collection, data presentation, data reduction and conclusion. The survey results revealed that (1) Human Resource Management Principals to educators in improving the quality of education in MTs Manyaran done through the stages of planning, organizing, implementing, recruitment, training, compensation and evaluation, (2) Barriers Management Resources human Principals to educators in improving the quality of education in MTs Manyaran 2015/2016 is on human resource management, training development educators and level of complexity of the work of teachers is too high, (3) management Solutions human resources Principals to educators in raising the quality education at MTs Manyaran 2015/2016 is by increasing external support and cooperate with various parties in improving the quality of education and provide training to educators. Keywords: management, human resources, educators. ةيعون دراولما ةيرشبلا لا لازي لثيم ةلكشم ةيربك في لامج ميلعتلا في ،ايسينودنإ لياتل و نإف ةلكشم ينستح ينملعلما ةينهلما اغنيت نم مهلما نأ ،ظحلان فد و هذه ةساردلا لىإ ديدتح ام يلي : ۱ ( ةرادإ يريدم دراولما ةيرشبلا ينملعملل في ينستح ةيعون ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا دلب نارايبم ، ۲ ( ليلتح زجاولحا ةرادإ دراولما ةيرشبلا ءاردم سرادلما ينملعملل في ينستح ةيعون ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم ، ٣ ( لولح ةرادإ دراولما ةيرشبلا ءاردم سرادلما ينملعملل في ينستح ةيعون ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم . مدختست هذه ةساردلا ةقيرط يعونلا . دقو تيرجأ ةساردلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم في برمتبس ربوتكأو ۲۰۱۶ . تناكو عيضاولما راظنلا اكاو سرادلماو ةينيدلا و نارايبم ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا . برخلما في اذه ثحبلا ينملعلما بلاطلاو . ت ايب ةينقت عجم نم ،ةلباقلما ةظحلالماو قيثوتلاو . ةيرظن ةحص ت ايبلا مادختس ثيلثتلا ثيلثتلاو نم رداصم ت ايبلا . ليلتح ةيرظن ت ايبلا مادختس بيلاسلأا ،ةيلعافتلا عجمو ،ت ايبلا ضرعو ،ت ايبلا دلحاو نم ت ايبلا جاتنتسلااو . تفشكو جئاتن ةساردلا نأ ) ۱ ( ءاردم ةرادإ دراولما ةيرشبلا ينملعملل في ينستح ةيعون ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم كلذ نم للاخ لحارم طيطختلا ميظنتلاو ذيفنتلاو فيظوتلاو بيردتلاو ضيوعتلاو ،مييقتلاو ) ۲ ( زجاوح ةرادإ دراولما راظنلا يرشبلا ينملعملل في ينستح ةيعون ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم ىلع ةرادإ دراولما ،ةيرشبلا بيردتو ينملعلما ةيمنت ىوتسمو ديقعت لمعلا نم ينملعلما ةعفترم ،ادج ) ٣ ( لولح ةرادإ يريدم دراولما ةيرشبلا ينملعملل في عفر ةدوج ميلعتلا في ماظنلا يراجتلا ددعتلما فارطلأا نارايبم وه نع قيرط ةد ز معدلا يجرالخا نواعتلاو عم فلتمخ فارطلأا في ينستح ةيعون ميلعتلا يرفوتو بيردتلا ينملعملل . تاملك ثحبلا : ةرادلإا دراولماو ةيرشبلا ينبرلماو .