PENGARUH PERSEPSI HARGA, INOVASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHAWAN HOME INDUSTRY ROTAN DI DESA TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2016

Main Authors: Meika, Setya Arini, Prof. Drs. H., Rohmat, M.Pd, Ph.D,, Dr., Lukman Fauroni, M.Ag,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/408/1/Meika%20Setya%20Arini.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/408/
Daftar Isi:
  • Dampak krisis ekonomi global tahun 2005, baik produksi, ekspor maupun penyerapan tenaga kerja industri rotan di Trangsan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Situasi ini mengharuskan wirausahawan mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Persepsi harga, inovasi dan kualitas produk merupakan komponen penting dalam strategi bersaing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, inovasi, kualitas produk terhadap keberlangsungan usahawan home industry rotan dan faktor dominan yang berpengaruh terhadap keberlangsungan usahawan home industry rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo, Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Trangsan pada bulan Oktober–November 2016. Populasi sebanyak 194 usahawan rotan di Desa Trangsan. Sampel diambil sebanyak 44 usahawan home ndustry rotan yang sesuai dengan kriteria inklusi. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil uji validitas dan reliabilitas persepsi harga 0,791>0,61; inovasi 0,916>0,61; kualitas produk 0,892>0,61; keberlangsungan usaha 0,875>0,61. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi dan uji asusmsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi harga, inovasi dan kualitas produk terhadap keberlangsungan usahawan home industri rotan. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Sig<0,05 (0.000<0,05); dan kualitas merupakan faktor dominan dalam keberlangsungan usahawan home industry rotan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Sig (0,037) lebih tinggi dari nilai Sig persepsi harga (0,031) dan inovasi (0,036). Hal ini berarti kualitas produk merupakan salah satu faktor penentu keberlangsungan usahawan home industry rotan Desa Trangsan. Kata kunci: Persepsi Harga, Inovasi, Kualitas, Keberlangsungan Usahawan ABSTRACT The impact of the global economic crisis in 2005 causes the production, the export and the employment of rattan industry at Trangsan have significantly declined. This situation requires that the entrepreneur is able to produce a qualified product. Perceptions of price, innovation and product quality are important components of competitive strategy. This study was conducted to determine the effect of perception price, innovation, quality of products on the sustainability of entrepreneurs in rattan home industry; dominant factor in the sustainability of rattan home industry entrepreneurs and on the sustainability of entrepreneurs in rattan home industry at village of Trangsan Gatak District Sukoharjo in 2016. This study used a quantitative method. The study was conducted in the village of Trangsan in October-November 2016. The population consisted of 194 rattan entrepreneurs in the Trangsan village. Samples were 44 entrepreneurs of rattan home industry in accordance with the inclusion criteria. The technique used was simple random sampling. Methods of data collection applied questionnaires. Results of validity and reliability of the price perception 0.791> 0.61 are; innovation 0.916> 0.61; product quality 0.892> 0.61; business continuity 0.875> 0.61. Data were analyzed by using multiple regression analysis, F test, t-test, the coefficient of determination and classical assumption test. The results show that: there is a significant influence on the perception of price, innovation and quality of products on the sustainability of home entrepreneurs rattan industry. This is evident from the results of the regression analysis obtained a value Sig <0.05 (0.000 <0.05); and the quality is the dominant factor in the sustainability of rattan home industry entrepreneurs. It can be seen from the Sig (0,037) is higher than the value of Sig perception of price (0,031) and innovation (0,036). This means the quality of the product is a determining factor for the sustainability of rattan home industry entrepreneurs Trangsan village. Keywords: Perception of Price, Innovation, Quality, Sustainability of Entrepreneur ضخهًنا ذٓش شٍثأذ حيصلأا حٌداظرقاا حًٍناؼنا ًف واػ ، جارَلإأ خاسداظنأ صشفٔ مًؼنا ًف حػاُط شقنا حٌشقت اسػشذ اضافخَا اشٍثك . ةهطرٌ ازْ غضٕنا ٌأ ةحاط ششًنا عٔ ْٕ جسداق ىهػ جارَا خاجرُي خار جدٕج . خاسٕظذ شؼسنا ساكرتاأ جدٕجٔ جرًُنا ْٕ شظُػ واْ ٍي شطاُػ حٍجٍذاشرساا حٍسفاُرنا . دَاكٔ ِزْ حساسذنا ذٌذحرن شٍثأذ كاسدلإا ،ساؼسلأا ،ساكرتاأ خاجرُئ خار جدٕج حٍناػ حياذرسا لاًػأ شقنا حػاُط نضًُنا ً مياؼنأ ًسٍئشنا يزنا شثأ ىهػ حٌساشًرسا غٌساشًنا حػاُط ٌاطٔشنا ُطٕنا ت ً حٌشق اسػشذ حقطُي كاطاغ حُس ٕجسإْكٕس . وذخرسذ ِزْ حساسذنا ةٍناسلأا حًٍكنا . ذقٔ دَاك ِزْ حساسذنا حًئاق ًف حٌشق اسػشذ ًف يشٓش شتٕركأ شثًفَٕٔ حُس . غهثٌٔ دذػ ٌاكس اي ا مقٌ ٍػ لاجس لاًػلأا ًف ٌاطٔشنا حٌشق اسػشذ . خاٍُؼنا جرٕخأًنا اي مظٌ ىنا لاجس لاًػلأا حػاُط نضُي ٌاطٔشنا ً اقفٔ شٌٍاؼًهن لاًرشاا . حٍُقرنا حيذخرسًنا ًْ حٍُؼنا حٍئإشؼنا حطٍسثنا . قشط غًج خاَاٍثنا واذخرسات خاَاٍثرساا . ححط جئارُنا داًرػاأ ىهػ كاسدلإا شؼس . ساكرتاا . جدٕج جرًُنا . حٌساشًرسا مًؼنا . ٍهحذ م خاَاٍثنا واذخرسات مٍهحذ ساذحَاا ،دذؼرًنا ساثرخا F ، ساثرخا ( خ ) ، مياؼئ ذٌذحرنا ساثرخأ يأشنا حٍكٍساكنا . خشٓظأٔ جئارُنا ٌأ : كاُْ شٍثأذ شٍثك ىهػ كاسدإ شؼسنا ساكرتاأ جدٕجٔ خاجرًُنا ىهػ حياذرسا لاجس لاًػلأا حػاُط نضُي ٌاطٔشنا ً . ازْ ْٕ حضأ ٍي جئارَ مٍهحذ ساذحَاا مظح ىهػ حًٍق جٍس ؛ جدٕجنأ ًْ مياؼنا ًًٍٍٓنا ًف حياذرسا باحطأ غٌساشًنا ٌاطٔشنا حػاُط ُطٕنا ً . ٍكًٌ ٌأ شظٌُ ٍّنإ ٍي حػٕسًٕنا حٍٍُطسهفنا ًْ ىهػأ ٍي حًٍق جٍس سٕظذ شؼسنا ساكرتاأ . ازْٔ ًُؼٌ ٌأ جدٕج جرًُنا ًْ مياؼنا ىساحنا حياذرسا غٌساشًنا نا حػاُط ٌاطٔش ُطٕنا ً حٌشق اسػشذ خاًهك ثحثنا : كاسدلإا ،ساؼسلأا ساكرتاا جدٕجنأ حياذرساأ جداٌس لاًػلأا