PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

Main Authors: M., Ikhsan Purnama, Prof. Dr. H., Nashruddin Baidan,, H., Dwi Condro Triono, SP.,M.Ag.,Ph.D.,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/407/1/M%20Ihsan%20Purnama.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/407/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Islamic social reporting merupakan standar pelaporan kinerja sosial perusahaan-perusahaan yang berbasis syariah. Secara khusus indeks ini adalah perluasan dari standar pelaporan kinerja sosial yang meliputi harapan masyarakat tidak hanya mengenai peran perusahaan dalam perekonomian, tetapi juga peran perusahaan dalam perspektif spiritual, selain itu indeks ini juga menekankan pada keadilan sosial terkait mengenai lingkungan, hak minoritas, dan karyawan. Apabila pelaporan dilakukan secara baik maka akan mempengaruhi pandangan masyarakat luas mengenai nilai pada perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi akan berprngaruh pada kepercayaan para investor dan nasabah untuk mempercayakan pelayanan pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh islamic social reporting yang terdiri dari produk dan jasa, tenaga kerja, sosial, lingkungan serta tata kelola organisasi terhadap nilai perusahaan. Metode yang digunakan adalah menggunakan regresi linier berganda. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report Bank Syariah dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 7 Bank Syariah. Pengolahan data dilakukan menggunakan alat perhitungan SPSS 21 dan Eviews 8. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa islamic social reporting yang terdiri dari produk dan jasa, tenaga kerja, sosial, lingkungan serta tata kelola organisasi secara simultan berpengaruh teradap nilai perusahaan. Secara parsial hanya tiga indikator yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, yaitu: tenaga kerja mempengaruhi sebesar 0,13375; sosial mempengaruhi sebesar 0,08955 dan lingkungan mempengaruhi sebesar 0,18889. Sedangkan dilain pihak terdapat dua indikator yang secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, yaitu: produk dan jasa; serta tata kelola organisasi. Kata kunci: islamic social reporting, nilai perusahaan, produk dan jasa, tenaga kerja, sosial, lingkungan, dan tata kelola organisasi ضخيَىا سبصأىيعتٞصبٞقىبٞعبَخجااءادأاشٝسبقخحبمششىاٍٖ٘ٞاصإبعبَخجابغابإا تعٝششىا. ٚيع ٔجٗ ،ص٘ظخىا ازٕٗ ششؤَىا ٕ٘ داذخٍا داذعإ شٝسبقخىا تٞصبٞقىا ءادأى ٜعبَخجاا َِضخٝ ثبعق٘ح سَٖ٘جىا شٞى طقف ه٘ح سٗد تمششىا ٜف ،دبظخقاا ِنىٗ بضٝأ سٗد تمششىا ٜف س٘ظَْىا ،ٜحٗشىا تفبضإبب ٚىإ ششؤٍ عضٝ بضٝأ زٞمشخىا ٚيع تىاذعىا تٞعبَخجاا تقيعخَىا ،تئٞبىبب ق٘قحٗ ،ثبٞيقأا ِٞفظَ٘ىاٗ. ارإٗ ٌح غابإا ونشب حٞحط ف٘صٗ شثؤح ٚيع ءاسآ سَٖ٘جىا ه٘ح تَٞق تمششىا. ف٘ضٞح أٝ تَٞق تٞىبع ثبمششيى تقث ِٝشَثخضَىا ءاَعىاٗ ُأ ذٖعٝ ٚىإ تٍذخ تمششىا. فذٖحٗ ٓزٕ تصاسذىا ٚىإ ذٝذحح شٞثأح غابإا ٜعبَخجاا ٍٜاصإا ٛزىا ُ٘نخٝ ٍِ ثبجخَْىا ثبٍذخىاٗ وَعىاٗ تٞعبَخجااٗ تٞئٞبىاٗ تَم٘حىاٗ ٚيع تَٞق تمششىا. تقٝشطىا تٍذخخضَىا ٜٕ ًاذخخصا ةدذعخٍ ساذحّاا ٜطخىا. ثبّبٞبىا تٍذخخضَىا ثبّبٞبىا تّٝ٘بثىا ٜخىا ٌح ه٘ظحىا بٖٞيع ٍِ شٝشقخىا ْٛ٘ضىا ٛزىا زخحا لْبىا ٍٜاصإا ثبْٞعىا 7 لْب تٞعششىا. ٌح زٞفْح تجىبعٍ ثبّبٞبىا ًاذخخصبب SPSS ةادأ ةبضح ُٗششعٗ ذححاٗ ٗEviewsتّٞبَث . ثشٖظأٗ جئبخْىا ُأ شح٘ٞبٍ٘م غابإا ٜعبَخجاا ٍٜاصإا ٛزىا ُ٘نخٝ بجخَْىبّ ،ثبٍذخىاٗ ،وَعىاٗ ٌٞظْحٗ تئٞبىا ٌنحىاٗ تٞعبَخجاا ٜىإ شثؤح ٜف جقٗ ذحاٗ تَٞقٗ تمششىا. بٞئزج ثاششؤٍ تثاث طقف ٍِ شٞثأح ٜببجٝإ شٞبم ٚيع تَٞق ،تمششىا ٜٕٗ: شٞثأح وَعىا ٍِ 0.13375. شٞثأخىا ٜعبَخجاا وى 0.08955 ٗ 0.18889 ٍِ ثاشٞثأخىا تٞئٞبىا. ٍِٗ تٞحبّ ،ٙشخأ كبْٕ ُبعّ٘ ٍِ ثاششؤَىا ٜخىا بٞئزج ٛأ شٞثأح ٜببجٝإ شٞبم ٚيع تَٞق ،تمششىا ٜٕٗ: ثبجخَْىا ؛ثبٍذخىاٗ اضف ِع تَم٘ح ثبمششىا. ثبَيم ثحبىا: شٝسبقخىا ٍٜاصإا ،ٜعبَخجاا تَٞقٗ تمششىا ثبجخَْىاٗ ثبٍذخىاٗ تىبَعىاٗ تٞعبَخجااٗ ،تٞئٞبىاٗ ةسادإٗ تَظَْىا