PENGARUH CITRA MEREK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK (Studi pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kartasura)
Main Authors: | Ismi, Aziz Makrufah, Indah, Piliyanti, S.Ag, M.S.I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/313/1/2.%20Ismi%20Aziz%20Makrufah.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/313/ |
Daftar Isi:
- ABSTRACT The purpose of this study was to determine the influence of brand image and halal label on purchasing cosmetic at Toserba Laris Kartasura. The variables of this study using two vaiable: the dependent variable and independent variable. The dependent variable (Y) of this research is cosmetic purchasing decision. The independent variable (X) include: brand image (X1) and halal label (X2). The research was conducted on purchasing cosmetic at Toserba Laris Kartasura. The population of this study is consumer buy cosmetic products. The sampling technique used purposive sampling metodh and obtained sample of 100 respondents. The method used is quantitative research method. This study using a tes instrument (validity and reliability test), the classic assumption test (test multicoloniarity, heteroscedasticity test and normality test), test hypothesis (multiple linear regression), test the accuracy of the model (R2 test, F test), and t test. As for the data with SPSS for windows 21.0 realease. Based on the result of this research brand image variables that has a dominant influence on purchasing cosmetic at Toserba Laris Kartasura. The result of t test brand image and halal label had significantly affect toward buying decision. The result of F test can be conclude that there are significantly and simultaneious affect between brand image and halal label toward buying decision. The result shows that coefficient (R square) in the amount of 78,4% it means that 78,4% of buying decision was caused by brand image and halal label. While the balance of 21,6% was caused by the order factors that not include in this research. Keywords: Brand image, Halal label, Buying decision ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik di Outlet Toserba Laris Kartasura. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen (X) meliputi: citra merek (X1) dan label halal (X2). Penelitian dilakukan terhadap keputusan pembelian kosmetik di Outlet Toserba Laris Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk kosmetik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolonieritas ,uji heteroskedastisitas dan uji normalitas), uji hipotesis (uji regresi linier berganda), uji ketepatan model (uji R2 , uji F), dan uji t. sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program SPSS for windows realease 21.0. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel citra merek merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian kosmetik pada konsumen di Outlet Toserba Laris Kartasura. Dibuktikan dengan hasil uji t variabel citra merek dan label halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel citra merek dan label halal terhadap keputusan pembelian. Hasil diperoleh angka koefisien determinasi atau (R2 ) sebesar 78,4%. Hal ini berarti 78,4% variasi perubahan naik turunnya keputusan pembelian disebabkan perubahan variabel citra merek dan label halal. Sedangkan sisanya 21,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam model yang digunakan dalam penelitian. Kata kunci: Citra merek, Label halal, Keputusan pembelian