MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYYAH MIFTACHUL HIKMAH DESA DENANYAR KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2014

Main Author: FAJRIN, LATIFAH PERMATASARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/18/1/2015TS0008.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/18/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Madrasah Diniyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam peningkatan pemahaman agama Islam. Pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh manajemen pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyyah Miftahul Hikmah Desa Denanyar kecamatan Tangen kabupaten Sragen, (2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pembelajaran, (3) Hambatan pelaksanaan manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Desa Denanyar Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen tahun 2014. Subjek penelitian ini adalah ustad dan santri Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah. Informan penelitian ini ialah ketua yayasan, pengurus, dan wali santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan interaktif model meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah Desa Denanyar Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen tahun 2014 telah terlaksana, terbukti dari adanya unsur-unsur manajemen seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, (2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pembelajaran di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah adalah adanya semangat kerjasama dan kreativitas seluruh pengurus dan ustad di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah.(3)Faktor penghambat pelaksanaan Manajemen Pembelajaran adalah terbatasnya sarana-prasarana, waktu dan pendanaan. Kendala tersebut di atasi dengan memaksimalkan kerjasama serta kreativitas seluruh pengurus, ustad dan santri di Madrasah Diniyyah Miftachul Hikmah. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Madrasah Diniyyah