ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET BANKING STUDI DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH CABANG SURAKARTA

Main Authors: Aulia, Hanifa, Rais, Sani Muharrami, S.E.I, M.E.I
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1657/1/SKRIPSI%20%28AULIA%20HANIFA%29.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi nasabah pengguna layanan Internet Banking BRIS Cabang Surakarta terhadap sikap dan penggunaan layanan Internet Banking. Sampel yang diambil sejumlah 100 nasabah pengguna layanan Internet Banking. Dalam pengambilan sampelnya dengan menggunkan non probability sampling, tepatnya dengan pusposive sampling dengan kriteria nasabah pengguna internet banking BRIS dan yang telah menggunakan internet banking minimal 1 kali. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan path analisis dalam membuktikan variabel mediasinya dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 20.0 dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan pengujian dan hasil analisis data serta pembahasan hasil analisis data (pembuktian hipotesis) disimpulkan bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Using dengan nilai thitung 1,863 lebih besar ttabel 1,66055. Perceived Usefullness berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Using dengan nilai thitung 4,070 lebih besar ttabel 1,66055. Perceived Ease of Use tidak berpengaruh positif terhadap Actual Usage dengan nilai thitung 0,648 lebih kecil ttabel 1,66071. Perceived Usefullness berpengaruh positif terhadap Actual Usage dengan nilai thitung 2,233 lebih besar ttabel 1,66071. Attitude Toward Using berpengaruh positif terhadap Actual Usage dengan nilai thitung 4,362 lebih besar ttabel 1,66071. This study aims to explain and analyze the influence of customer perceptions of Internet Banking BRIS Branch Surakarta users to the attitude and use of Internet Banking services. Samples taken by a number of 100 customers of Internet Banking service users. In taking the sample by using non probability sampling, precisely with the posposive sampling with the criteria of customers of internet banking BRIS and who have used internet banking at least 1 time. Analytical techniques used are multiple linear regression and path analysis in proving the mediation variable by using tools SPSS Version 20.0 and Microsoft Excel 2007. Based on the test and the results of data analysis and discussion of the results of data analysis (verification hypothesis) concluded that Perceived Ease of Use positive effect on Attitude Toward Using with t-count 1.863 larger t-tabel 1.66055. Perceived Usefullness has positive effect on Attitude Toward Using with t-count 4,070 bigger t-tabel 1,66055. Perceived Ease of Use has no positive effect on Actual Usage with t-count value of 0.648 smaller t-table 1.66071. Perceived Usefullness has a positive effect on Actual Usage with the value of t-count 2,233 bigger t-tabel 1,66071. Attitude Toward Using has a positive effect on Actual Usage with t-count 4,362 bigger t-tabel 1,66071.