ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PADA KAMPUNG BATIK LAWEYAN SOLO

Main Authors: Aris, Styo Putro, Ika, Yoga M.M,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1654/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1654/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovvasi produk untuk meninkatkan kinerja pemasaran pada Batik Laweyan Solo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer dengan menggunalan data penelitian wawancara dan quesioner. Populasinya adalah seluruh pengusaha Batil Laweyan Solo dan diambil sample 47 pengusaha. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial orientasi pasar dan inivasi produk berpengaruh positif dan sinifikan terhadap kinerja pemasaran penusaha Batik Laweyan Solo. Secara bersama-sama terbukti bahwa orientasi dan inivasi produk berpengaruh positif dan sinifikan terhadap kinerja pemasaran penusaha Batik Laweyan Solo. Adapun besarnya pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran adalah sebesar 84.3%. The purpose of this study is to determine the effeect analysis of market orientation and product innovation to improve marketing performance at Kampung Batil Laweyan Solo. The data in this study using primary data using research data collegtion tecniques and questionnaries. The population is all small and medium businessmen Batil Laweyan Solo with abaut 90 and takes sample of 47 entrepreneurs. Technique of data analysis in this research is multiple regresion flow analysis. The results of this study indicate that partially orientation and produck innivatotion have a possitive and significant effect on marketing performance of Laweyan Batik Solo. Jointly proved that market orientation and product innovation have a positive and significant effect on marketing performance of Batik Laweyan Solo product. The magnitude of the effect of market orientation and product innovation on the marketing performance Batik Laweyan Solo is equal to 84.3%.