PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Authors: | Zuhdi, Ahmad Mughofir, Suyatman,, S.Pd, M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1559/1/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1559/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar SKI siswa rendah, hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) motivasi belajar SKI siswa MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII dengan Software Presentasi Lectora Inspire.(2) motivasi belajar SKI siswa MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII dengan Software PresentasiMicrosoft Power Point. (3) ada tidaknya perbedaan motivasi SKI yang menggunakan Software Presentasi Lectora Inspire dengan Software Presentasi Microsoft Power Point di MTs N Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, beralokasi diMTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan mulai bulan febuari 2017 sampai dengan november 2017, sampel dalam penelitian ini ada dua kelas dari total 8 kelas yaitu kelas VII A-VIIH. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Dianalisa dengan uji t-tes untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Presentasi terhadap motivasi belajar SKI. Dari hasil penelitian inidisimpulkan bahwa : (1) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan Software Lectora Inspire pada pelajaran SKI siswa di MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII tergolong dalam kategori sedang (60,71%). (2) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan Software Microsoft Power Point pada pelajaran SKI siswa di MTs N 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar kelas VII tergolong dalam kategori sedang (57,69%) (3) Hasil analisis data menggunakan analisis t-testsampel independen(tidak berkorelasi) diperoleh thitung sebesar (2,37), kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikasi 5% dengan ttabel (2,056). Karena thitung (2,37) > (2,056) harga ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan Software Presentasi Lectora Inspire dengan Software Presentasi Microsoft Power Point pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.