HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN IBADAH SHOLAT DI SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN SHOLAT DI RUMAH SISWA KELAS VB SD N KATEGUHAN 2 TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Authors: Uliyana, Rahmawati, Dr., Imam Makruf, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1554/1/SKRIPSI%20UTUH.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1554/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya tingkat kedisiplinan siswa SD N Kateguhan 2 Tawangsari Sukoharjo dalam melaksanakan ibadah sholat di sekolah maupun di rumah, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan ibadah sholat siswa di sekolah 2) Untuk tingkat mengetahui kedisiplinan sholat di rumah 3) Untuk mengetahui hubungan antar kedisiplinan Ibadah sholat di sekolah dengan kedisiplinan sholat di rumah. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif korelasional yang dilakukan pada siswa kelas Vb di SD N Kateguhan 2 Tawangsari Sukoharjo yang dilaksanakan pada bulan juni 2017 sampai dengan bulan September 2017 . Siswa yang menjadi populasi yaitu 30 siswa dan yang menjadi sampel 30 siswa.Teknik yang digunakan menggunakan metode total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kedisiplinan ibadah sholat di sekolah dan kedisiplinan sholat di rumah. Uji coba variabel kedisiplinan ibadah sholat di sekolah diperoleh 18 item valid dengan r11 = (0,86) > rtabel (0,361), sedangkan uji coba variabel kedisiplinan sholat di rumah diperoleh 18 item valid dengan r11 (0,85) > rtabel (0,361). Uji normalitas kedisiplinan ibadah sholat di sekolah dan kedisiplinan sholat di rumah menggunakan rumus chi kuadrat (chi square). Uji hipotesis kedisiplinan ibadah sholat di sekolah dengan kedisiplinan sholat di rumah menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah 1) kedisiplinan ibadah sholat di sekolah tergolong kategori sedang, dari sampel 30 frekuensi 53-64 dengan presentase 50% rata-rata yang diperoleh adalah 55,2 median 65,2 modus 59,1 dan standar deviasi 7,941. 2) kedisiplinan sholat di rumah dalam kategori sedang, dari sampel 30 frekuensi 59-68 dengan presentase 56,67% rata-rata yang diperoleh adalah 62,16 median 64,5 modus 68,98 dan standar deviasi 94,602. 3) Terdapat hubungan antara kedisiplinan ibadah sholat di sekolah dengan kedisiplinan sholat di rumah dengan nilai rhitung 0,438 > r tabel 0,361 sehingga hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kedisiplinan ibadah sholat di sekolah akan semakin tinggi pula kedisiplinan sholat di rumah yang dilakukan oleh siswa.