PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BULUKERTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Authors: Mila, Intani, Dra. Hj., Tasnim Muhammad M. Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1528/1/EDISI%20Full.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1528/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang Penelitian ini berawal dari munculnya masalah terkait dengan akhlak peserta didik yang kurang baik di lingkungan sekitar terutama di sekolah. Seperti berkata buruk, mengejek teman, melanggar tata tertib sekolah, merokok, berambut gondrong, membolos, berkelahi, pacaran dan penggunaan handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bulukerto dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bulukerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bulukerto dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bulukerto. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, tempat di SMK Negeri 1 Bulukerto pada bulan April-Agustus 2017, dengan subyek penelitian Guru PAI dan informan Kepala Sekolah, Guru BK, dan Siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dilanjutkan dengan mengadakan analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu : Sebagai sumber belajar melalui materi-materi akhlak, sebagai fasilitator, sebagai motivator, sebagai pembimbing dan sebagai demonstrator dalam berakhlakul karimah dengan diadakannya kegiatan keagamaan yaitu sholat dhuhur berjam‟ah, membaca al-Quran, sholat jumat, infaq mingguan, peringatan hari besar Islam, santunan. Faktor pendukung: adanya program kegiatan keagamaan dan kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengawasi siswa. Faktor penghambat: lingkungan masyarakat dan keluarga, masih ada siswa yang bermalas-malasan mengikuti kegiatan keagamaan dan terbatasnya tempat wudhu.