PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT MUTIARA HATI NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2017

Main Authors: Ibnu Fatah Khoirul, Muttaqin, Drs. H., Suparmin, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1513/1/FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1513/
Daftar Isi:
  • Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru. Melihat realita yang ada, masih banyak guru yang kinerjanya rendah, yaitu kurang memnfaatkan sarana dan prasarana sekolah derngan maksimal. Sebagai motivator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan, sehingga kinerja guru dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Kabupaten Wonogiri, Mengetahui hambatan-hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Kabupaten Wonogiri.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang mengedepankan pengumpulan data atau realitas persoalan dengan berlandaskan pada pengungkapan yang telah dideskripsikan atau diungkapkan oleh para informan dan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati di SD IT Mutiara Hati Ngadirojo. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai bulan September 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Wonogiri. Sedangkan informannya adalah guru SD IT Mutiara Hati Ngadirojo Wonogiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan teknik analisis model interaktif (interactive model of analysis) yang terdiri dari tiga komponen analisa data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan diikutkan pelatihan, diklat dan seminar guru yang berkaitan dengan pendidikan, dengan memberikan penghargaan kepada guru, kedisiplinan yaitu dengan menekankan pada memberikan suatu kesan atau contoh baik dalam hal kehadiran atau absensi, selalu mengingatkan pentingnya ketertiban administrasi guru, pengaturan lingkungan fisik dengan menyediakan berbagai sumber belajar untuk guru, memberikan dorongan kepada guru untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Hambatan dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Mutiara Hati adalah kurang mendukungnya sarana dan prasarana. Karena sekolah tersebut belum mempunyai kantor guru, dan juga kuranghnya ruang kelas. Sehingga ruang gerak guru sangat terbatas.