PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DI P3KMI IAIN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Main Authors: Chairur, Rohimin, ., Hery Setiyatna, M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1499/1/Skripsi%20Full%20Text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1499/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah ditemukannya mahasiswa yang telah lulus P3KMI namun masih belum dapat membaca Al-Qur’an pada waktu PPL, Seminar Proposal, dan Munaqasah. Oleh karenanya, peneliti mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur'an P3KMI IAIN Surakarta Tahun Akademik 2016/2017 dan peran Pendamping dalam program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan di FITK IAIN Surakarta pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah Pendamping dan Peserta P3KMI, sedangkan informan penelitian ini adalah Tim dan Pembina P3KMI. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model interaktif melalui tahapan (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Program Baca Tulis Al-Qur’an P3KMI memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an peserta. Kegiatan program ini diawali dengan placement test untuk pengelompokkan peserta sesuai dengan kemampuannya. Kegiatan pendampingan dilaksanakan di luar ruang kelas selama dua semester setiap Sabtu dengan durasi waktu tiap pertemuan 100 menit. Peserta merupakan mahasiswa tahun akademik baru FITK, mahasiswa yang belum lulus dan mahasiswa yang belum pernah mengikuti P3KMI pada tahun akademik sebelumnya. Kegiatan pendampingan berupa simakan baca Al-Qur’an dan penyampaian materi berupa materi tajwid. Adapun mengenai pengembangan tulis Al-Qur’an peserta, lebih pada praktek dalam penugasan yang diberikan oleh pendamping. Pendamping merupakan mahasiswa FITK semester tiga sampai delapan yang telah lulus P3KMI dan tes calon pendamping. Pendamping berperan sebagai Sumber Belajar, Pengelola Pembelajaran, Mediator, Fasilitator, Demonstrator, Motivator dan Evaluator. Evaluasi yang diadakan pada Program Baca Tulis Al-Qur’an P3KMI berupa tes membaca Al-Qur’an dengan pendamping di tengah semester, dan tes membaca Al-Qur’an di akhir semester yang diuji oleh Dosen. Hasil dari serangkaian tes tersebut akan diakumulasikan dan dijadikan sebagai acuan dalam kelulusan peserta.