STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
Main Authors: | Bowo Yuda, Prasetyo, H., Abu Choir, M.A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/ |
ctrlnum |
1498 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/</relation><title>STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO</title><creator>Bowo Yuda, Prasetyo</creator><creator>H., Abu Choir, M.A</creator><subject>370 Education</subject><description>Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja 
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala 
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah 
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran 
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk 
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di 
MIN Nglawu. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan 
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan 
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan 
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari 
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data 
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan 
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan 
kesimpulan. 
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan 
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB 
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN 
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan 
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan 
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. 
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat 
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan 
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, 
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik 
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi 
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu 
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. 
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja 
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala 
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah 
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran 
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk 
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di 
MIN Nglawu. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan 
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan 
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan 
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari 
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data 
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan 
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan 
kesimpulan. 
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan 
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB 
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN 
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan 
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan 
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. 
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat 
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan 
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, 
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik 
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi 
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu 
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.</description><date>2017-11-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf</identifier><identifier> Bowo Yuda, Prasetyo and H., Abu Choir, M.A (2017) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>1498</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Bowo Yuda, Prasetyo H., Abu Choir, M.A |
title |
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO |
publishDate |
2017 |
topic |
370 Education |
url |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/ |
contents |
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di
MIN Nglawu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu.
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional,
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.
Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja
guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala
sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah
dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran
jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk
mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di
MIN Nglawu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan
Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan
penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari
wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan
dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan
bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB
yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN
Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan
layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan
diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu.
Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat
mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan
tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional,
Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik
dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi
yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu
memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. |
id |
IOS3440.1498 |
institution |
IAIN Surakarta |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
326 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Surakarta |
library_id |
185 |
collection |
Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta |
repository_id |
3440 |
subject_area |
Agama Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3440 |
first_indexed |
2018-04-20T00:24:31Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:24:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764502589690347520 |
score |
17.538404 |