STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

Main Authors: Bowo Yuda, Prasetyo, H., Abu Choir, M.A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/
ctrlnum 1498
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/</relation><title>STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO</title><creator>Bowo Yuda, Prasetyo</creator><creator>H., Abu Choir, M.A</creator><subject>370 Education</subject><description>Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja &#xD; guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala &#xD; sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah &#xD; dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran &#xD; jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk &#xD; mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di &#xD; MIN Nglawu. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan &#xD; deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan &#xD; Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan &#xD; penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari &#xD; wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data &#xD; menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan &#xD; dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan &#xD; kesimpulan. &#xD; Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan &#xD; bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB &#xD; yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN &#xD; Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan &#xD; layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan &#xD; diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. &#xD; Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat &#xD; mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan &#xD; tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, &#xD; Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik &#xD; dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi &#xD; yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu &#xD; memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. &#xD; Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja &#xD; guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala &#xD; sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah &#xD; dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran &#xD; jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk &#xD; mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di &#xD; MIN Nglawu. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan &#xD; deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan &#xD; Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan &#xD; penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari &#xD; wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data &#xD; menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan &#xD; dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan &#xD; kesimpulan. &#xD; Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan &#xD; bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB &#xD; yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN &#xD; Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan &#xD; layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan &#xD; diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. &#xD; Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat &#xD; mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan &#xD; tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, &#xD; Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik &#xD; dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi &#xD; yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu &#xD; memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.</description><date>2017-11-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf</identifier><identifier> Bowo Yuda, Prasetyo and H., Abu Choir, M.A (2017) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>1498</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bowo Yuda, Prasetyo
H., Abu Choir, M.A
title STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN NGLAWU DESA TELUKAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
publishDate 2017
topic 370 Education
url http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/1/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/2/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1498/
contents Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain. Peran kepala madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru dan perkembangan sekolah. Dalam mengembangkan madrasah, kepala sekolah mempunyai berbagai strategi dalam pemasaran jasa pendidikan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di MIN Nglawu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Nglawu, yang dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah. Informan penelitian adalah guru, murid, orang tua murid. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis dan interpretasi data ditemukan bahwa strategi yang dilakukan adalah meliputi: 1) Strategi yang dilakukan PPDB yaitu melakukan menyebar brosur, mengunjungi TK untuk mengenalkan MIN Nglawu dengan kegiatan presentasi. Adapun beberapa isi presentasi menawarkan layanan, pembiayaan, fasilitas, program unggulan. 2) Strategi yang dilakukan diluar PPDB yaitu setiap tahun mengadakan lomba antar TK di MIN Nglawu. Lomba yang diadakan seperti mewarnai, hafalan dll. Bertujuan agar masyarakat mengenal MIN Nglawu tidak hanya lewat brosur, spanduk dan pembicaraan akan tetapi mengenal langsung melalui sarana. Meningkatkan SDM secara profesional, Menjalankan program unggulan secara selektif, Menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dikategorisasikan Strategi Deferensiasi yaitu memberikan penawaran yang berbeda dibanding sekolah lain.
id IOS3440.1498
institution IAIN Surakarta
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 326
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Surakarta
library_id 185
collection Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta
repository_id 3440
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3440
first_indexed 2018-04-20T00:24:31Z
last_indexed 2018-04-20T00:24:31Z
recordtype dc
_version_ 1764502589690347520
score 17.538404