STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Authors: Ahmad Putra, Wicaksono, Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/
ctrlnum 1483
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/</relation><title>STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018</title><creator>Ahmad Putra, Wicaksono</creator><creator>Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag</creator><subject>2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait</subject><subject>370 Education</subject><subject>373 Secondary education</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah guru sekolah yang bernuansa islam belum &#xD; dapat membaca Al-Qur&#x201F;an dengan lancar dan benar. Sebagai salah satu lembaga &#xD; dakwah dalam pendidikan, sekolah berperan penting dalam kehidupan &#xD; bermasyarakat. Ketika ada guru sekolah yang belum benar bacaan Al-Qur&#x201F;annya, &#xD; maka ini merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Dengan keadaan &#xD; tersebut kepala sekolah tidak terdiam, melainkan memiliki strategi untuk mengatasi &#xD; masalah tersebut. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui &#xD; Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur&#x201F;an pada &#xD; Guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. &#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian &#xD; dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, penelitian dilakukan pada bulan &#xD; Mei sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, &#xD; sedangkan menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMP &#xD; Muhammadiyah 7 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, &#xD; observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah &#xD; triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data, &#xD; penyajian data, dan penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab &#xD; atas keadaan guru sekolah yang dipimpinnya, maka kepala sekolah memiliki strategi &#xD; dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur&#x201F;an di SMP Muhammadiyah 7 &#xD; Surakarta. Strategi kepala sekolah tersebut seperti pemberian motivasi kepada guru-&#xD; guru tentang keutamaan, manfaat dan kemudahan membaca Al-Qur&#x201F;an. Kemudian &#xD; mewajibkan setiap guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi membaca Al-&#xD; Qur&#x201F;an setiap minggunya. Selanjutnya mewajibkan setiap guru yang mengajar jam &#xD; pertama untuk membina membaca Al-Qur&#x201F;an kepada para siswanya. Secara umum &#xD; kondisi kompetensi membaca Al-Qur&#x201F;an pada guru di SMP Muhammadiyah 7 &#xD; Surakarta ada beberapa bacaan yang perlu perhatikan lebih khusus untuk masalah &#xD; makharijulnya.</description><date>2017-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf</identifier><identifier> Ahmad Putra, Wicaksono and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>1483</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ahmad Putra, Wicaksono
Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag
title STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
publishDate 2017
topic 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
370 Education
373 Secondary education
url http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/
contents Permasalahan penelitian ini adalah guru sekolah yang bernuansa islam belum dapat membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan benar. Sebagai salah satu lembaga dakwah dalam pendidikan, sekolah berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Ketika ada guru sekolah yang belum benar bacaan Al-Qur‟annya, maka ini merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Dengan keadaan tersebut kepala sekolah tidak terdiam, melainkan memiliki strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur‟an pada Guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, sedangkan menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab atas keadaan guru sekolah yang dipimpinnya, maka kepala sekolah memiliki strategi dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Strategi kepala sekolah tersebut seperti pemberian motivasi kepada guru- guru tentang keutamaan, manfaat dan kemudahan membaca Al-Qur‟an. Kemudian mewajibkan setiap guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi membaca Al- Qur‟an setiap minggunya. Selanjutnya mewajibkan setiap guru yang mengajar jam pertama untuk membina membaca Al-Qur‟an kepada para siswanya. Secara umum kondisi kompetensi membaca Al-Qur‟an pada guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta ada beberapa bacaan yang perlu perhatikan lebih khusus untuk masalah makharijulnya.
id IOS3440.1483
institution IAIN Surakarta
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 326
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Surakarta
library_id 185
collection Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta
repository_id 3440
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3440
first_indexed 2018-04-20T00:24:31Z
last_indexed 2018-04-20T00:24:31Z
recordtype dc
_version_ 1764502589640015872
score 17.538404