STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Authors: | Ahmad Putra, Wicaksono, Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/ |
ctrlnum |
1483 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/</relation><title>STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018</title><creator>Ahmad Putra, Wicaksono</creator><creator>Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag</creator><subject>2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait</subject><subject>370 Education</subject><subject>373 Secondary education</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah guru sekolah yang bernuansa islam belum 
dapat membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan benar. Sebagai salah satu lembaga 
dakwah dalam pendidikan, sekolah berperan penting dalam kehidupan 
bermasyarakat. Ketika ada guru sekolah yang belum benar bacaan Al-Qur‟annya, 
maka ini merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Dengan keadaan 
tersebut kepala sekolah tidak terdiam, melainkan memiliki strategi untuk mengatasi 
masalah tersebut. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui 
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur‟an pada 
Guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. 
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian 
dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, penelitian dilakukan pada bulan 
Mei sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, 
sedangkan menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMP 
Muhammadiyah 7 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, 
observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah 
triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data, 
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab 
atas keadaan guru sekolah yang dipimpinnya, maka kepala sekolah memiliki strategi 
dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 7 
Surakarta. Strategi kepala sekolah tersebut seperti pemberian motivasi kepada guru-
guru tentang keutamaan, manfaat dan kemudahan membaca Al-Qur‟an. Kemudian 
mewajibkan setiap guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi membaca Al-
Qur‟an setiap minggunya. Selanjutnya mewajibkan setiap guru yang mengajar jam 
pertama untuk membina membaca Al-Qur‟an kepada para siswanya. Secara umum 
kondisi kompetensi membaca Al-Qur‟an pada guru di SMP Muhammadiyah 7 
Surakarta ada beberapa bacaan yang perlu perhatikan lebih khusus untuk masalah 
makharijulnya.</description><date>2017-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf</identifier><identifier> Ahmad Putra, Wicaksono and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>1483</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ahmad Putra, Wicaksono Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag |
title |
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN PADA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 |
publishDate |
2017 |
topic |
2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait 370 Education 373 Secondary education |
url |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/1/BAB%20I%20-%20V%20hampir%20FIKS.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1483/ |
contents |
Permasalahan penelitian ini adalah guru sekolah yang bernuansa islam belum
dapat membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan benar. Sebagai salah satu lembaga
dakwah dalam pendidikan, sekolah berperan penting dalam kehidupan
bermasyarakat. Ketika ada guru sekolah yang belum benar bacaan Al-Qur‟annya,
maka ini merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Dengan keadaan
tersebut kepala sekolah tidak terdiam, melainkan memiliki strategi untuk mengatasi
masalah tersebut. Sehingga tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur‟an pada
Guru di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian
dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, penelitian dilakukan pada bulan
Mei sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah,
sedangkan menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMP
Muhammadiyah 7 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah
triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab
atas keadaan guru sekolah yang dipimpinnya, maka kepala sekolah memiliki strategi
dalam meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 7
Surakarta. Strategi kepala sekolah tersebut seperti pemberian motivasi kepada guru-
guru tentang keutamaan, manfaat dan kemudahan membaca Al-Qur‟an. Kemudian
mewajibkan setiap guru mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi membaca Al-
Qur‟an setiap minggunya. Selanjutnya mewajibkan setiap guru yang mengajar jam
pertama untuk membina membaca Al-Qur‟an kepada para siswanya. Secara umum
kondisi kompetensi membaca Al-Qur‟an pada guru di SMP Muhammadiyah 7
Surakarta ada beberapa bacaan yang perlu perhatikan lebih khusus untuk masalah
makharijulnya. |
id |
IOS3440.1483 |
institution |
IAIN Surakarta |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
326 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Surakarta |
library_id |
185 |
collection |
Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta |
repository_id |
3440 |
subject_area |
Agama Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3440 |
first_indexed |
2018-04-20T00:24:31Z |
last_indexed |
2018-04-20T00:24:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764502589640015872 |
score |
17.538404 |