IMPLEMENTASI KURIKULUM RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KULIYATUL MU’ALIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN 2017

Main Authors: Agus, Styawan, H., Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1479/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1479/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini bahwa implementasi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di KMI belum bisa berjalan lancar. Masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan kurikulum. Kurangnya waktu dalam pembelajaran secara aktif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kuliyatul Mu’alimin al-Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Kuliyatul Mu’alimin al-Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta selama 3 (tiga) bulan dimulai pada bulan Juli hingga bulan September 2017. Informan penelitian dari Waka kurikulum Kuliyatul Mu’alimin al-Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa interaktif yang menggunakan tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian bahwa Implementasi kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kuliyatul Mu’alimin al-Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta Tahun 2017 di kelas VI KMI bahwa rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan Kuliyatul Mu’alimin al- Islamiyah (KMI) Ta’mirul Islam Surakarta meliputi al Qur’an (al qur’an, tajwid, dan tarjamah) dan dirosah Islamiyah (tafsir, hadist, fiqih, ushul fiqih, aqidah tauhid, ulumul hadis, dan ulumul qur’an). Evaluasi dilakukan melalui pembelajaran meliputi: Ulangan harian, Ujian Mid Semester, Ujian Gelombang pertama, Ujian Karya tulis bahasa arab dan english atau Tahrijul hadits, Ujian Amaliyah Tadris (praktek mengajar), Ujian Lisan dan praktek, Ujian Alqur’an, dan Ujian Gelombang 2. Kendala dalam implementasi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang banyak sehingga santri tidak bisa mempelajari semua isi buku, hanya materi yang ada di sillabus saja yang dipelajari akan tetapi santri sudah dibekali dengan ilmu bahasa guna mempelajari sendiri semua isi buku.