IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI SENTRA KREATIVITAS KELOMPOK TK B DI TK TAQIYYA NGADIREJO KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Intan, Pratiwi, Subar, Junanto,S.Pd.,M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1447/1/PDF%20FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1447/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Intan pratiwi (133131061), Implementasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif Di Sentra Kreativitas Kelompok B Di Tk Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juni 2017. Pembimbing : Subar Junanto, M.Pd Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Sentra Kreativitas Masalah penelitian ini masih ditemukan sebagain besar kurangnya penggunaan dan pemanfaatan alat permainan edukatif dalam pembelajaran, dan masih banyak anak didik yang belum mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif di sentra kreativitas Kelompok B di TK Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini di TK Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra kreativitas TK B Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo, sedangkan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru kelas, dan anak TK B. teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengenai Implementasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif Di Sentra Kreativitas Kelompok B Di TK Taqiyya Ngadirejo Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan alat permainan edukatif di TK Taqiyya yaitu desain pembelajaran juga sudah sistematis dari perencanaan yang matang, penyampaian tujuan pembelajaran kepada anak, penggunaan media yang tepat, pemberian langkah-langkah yang jelas dan mudah difahami oleh anak dalam membuat APE, menerapkan aturan main untuk melatih kedisiplinan anak, mengajak anak untuk membereskan mainan dan melakukan recalling untuk memperkuat pengetahuan anak. Selain itu media pembelajaran tidak hanya digunakan sebagai alat main tetapi juga anak dilatih untuk membuatnya sesuai dengan daya kreasi dan imajinasi anak. Pembuatan media yang berbeda-beda setiap hari berfungsi untuk melatih anak berinovasi dengan barang-barang sekitar. Terdapat beberapa cara yang digunakan dalam mendemonstrasikan alat permainan edukatif antara lain bercerita, tanya jawab, ceramah, dan metode pembiasaan.