PENANAMAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI POS PAUD MUTIARA BANGSA KALIGAWE PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Main Authors: Intan, Larasati, Hery, Setiyatna, M. Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1446/1/SKRIPSI%20INTAN%20LARASATI%20PIAUD%202013.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1446/2/SKRIPSI%20INTAN%20LARASATI%20PIAUD%202013.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1446/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Intan Larasati, Penanaman Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini Di POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juli 2017. Pembimbing : Hery Setyatna, M.Pd Kata Kunci : keterampilan sosial, dan anak usia dini Masalah dalam penelitian ini yaitu terdapat beberapa anak yang keterampilan sosialnya belum berkembang secara optimal, keterampilan sosial anak masih perlu untuk ditingkatkan. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam melaksanakan penanaman keterampilan pada anak usia dini di POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe yang dilaksanakan pada bulan Maret - Juli 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas di POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan orang tua siswa POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Data yang sudah terkumpul dianalisis melalui teknik analisis interaktif yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara yang dilakukan oleh guru di POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe dalam menanamkan keterampilan sosial pada anak yaitu diantaranya (1) menanamkan sikap kerjasama, tolong menolong, dan berbagi, (2) memberikan kegiatan jum‟at bersih, makan bersama dan hari berbagi, (3) Metode yang digunakan yaitu pembiasaan, pemberian nasehat, serta pemberian reward dan punishment, (4) teknik evaluasi yang digunakan yaitu teknik evaluasi observasi checklist yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. ABSTRACT Intan Larasati, Social Skill Planting In Early Childhood At POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe Pedan Klaten Lesson 2016/2017, thesis: Early Childhood Islamic Education Study Program, Islamic Education and Teacher Training Faculty, IAIN Surakarta, July 2017. Advisors : Hery Setyatna, M.Pd Keywords : social skills, and early childhood The problem in this research is that there are some children whose social skill has not developed optimally, social skills of children still need to be improved. This is where the role of teachers is needed to develop children's social skills. The purpose of this research is to know the way of teacher in implementing skill planting at early child at POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. This research is a qualitative descriptive research. This research was conducted at POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe which was held on March - July 2017. The subject of this research is the classroom teacher at POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. Informants in this study are the principal, and parents of students POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe. Data were collected by observation, interview, and documentation. The data has been collected checked the validity of the data by source triangulation techniques. The data collected were analyzed through interactive analysis techniques (1) data collection, (2) data reduction, (3) data presentation, and (4) verification or conclusion. The results of this study indicate that the way that teachers do in POS PAUD Mutiara Bangsa Kaligawe in instilling social skills in children include (1) instilling cooperative attitude, helping and sharing, (2) providing clean jum'at activities, eating together and (3) The method used is habituation, giving advice, as well as giving reward and punishment, (4) evaluation technique used is evaluation technique of observation checklist which conducted every three months.