PENGEMBANGAN KREATIVITAS DALAM SENTRA PERSIAPAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TA-TK AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Linawati, Linawati, Dr., Fetty Ernawati, S. Psi, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1443/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1443/
Daftar Isi:
  • Linawati, 2017, Pengembangan Kreativitas dalam Sentra Persiapan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Ta-Tk Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Fetty Ernawati, S.Psi, M.Pd Kata Kunci: pengembangan kreativitas, sentra persiapan, anak usia 5-6 tahun. Sentra persiapan merupakan salah satu dari beberapa jenis sentra yang ada dalam pembelajaran anak usia dini. Tidak banyak lembaga PAUD yang menerapkan pengembangan kreativitas dalam sentra ini secara maksimal. Mengingat salah satu tujuan umum dari PAUD sendiri adalah pengembangan daya cipta atau kreativitas maka semaksimal mungkin semua jenis sentra harus memiliki tujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas dalam sentra persiapan untuk anak usia 5-6 tahun di TA-TK Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Ajaran 201 6/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TA-TK Al Azhar Syifa Budi Solo pada tanggal 10 April-31 Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah Guru Sentra Persiapan. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Sentra Kebangsaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas dalam sentra persiapan untuk anak usia 5-6 tahun di TA-TK Al Azhar Syifa Budi Solo dalam pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi/ penilaian. Kemudian dalam pelaksanaannya lebih terfokus pada aspek processkreativitas tanpa mengabaikan ketiga aspek lain, yaitu person, press dan productyang di dalamnya terdiri dari bentuk-bentuk kreativitas seperti aptitude meliputi berpikir luwes, terperinci, dan menghubungkan dan nonaptitude meliputi rasa ingin tahu, ketersediaan untuk menjawab, percaya diri, serta berani mengambil risiko. Namun demikian, dalam pelaksanaannya masih tetap ada kendala yang dihadapi yaitu terdiri dari fasilitas ruangan, faktor orangtua, dan faktor anak itu sendiri.