IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI POS PAUD MERPATI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Nilla, Octa Anggraini, Drs. H., Suparmin, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1438/1/Nilla%20Octa%20Anggraini.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1438/
Daftar Isi:
  • Nilla Octa Anggraini, 2017, Implementasi Metode Bermain Kartu Angka Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di POS PAUD Merpati Boyolali Tahun 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Agustus 2017 Pembimbing : Drs. H Suparmin, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Anak, Bermain Kartu Angka Bergambar Masalah penelitian ini terdapat pada pembelajaran berhitung untuk anak usia dini yang dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional atau tidak bervariasi sehingga di dalam pembelajaran di kelas anak sulit untuk menerima atau menghafal pelajaran berhitung dan anak cepat merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya kemampuan berhitung melalui metode bermain kartu angka bergambar anak usia dini di POS PAUD Merpati Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di POS PAUD Merpati Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A POS PAUD Merpati Boyolali. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta tes lisan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik analisa data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar. Sehingga dapat ditemukan tema dan dirumuskan hipotesis kerja. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengenai Implementasi Metode Bermain Kartu Angka Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di POS PAUD Merpati Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Penerapan metode bermain kartu angka bergambar di POS PAUD Merpati dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok A di POS PAUD Merpati Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kemampuan berhitung anak yang sudah mencapai indikator, pada kondisi awal hanya 48,3% atau 15 siswa, kemudian pada pertemuan pertama kemampuan berhitung anak yang sudah mencapai indikator meningkat menjadi 62,1% atau 18 siswa karena siswa sudah mulai mengikuti instruksi peneliti, dan pada pertemuan kedua kemampuan berhitung anak menjadi sebesar 82,8% atau 24 siswa. Dari keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas di POS PAUD Merpati boyolali dapat dikatakan berhasil, karena menunjukkan ketercapaian indikator yang dikategorikan oleh peneliti yaitu 80% karena bisa dilihat dari antusias para siswa mengikuti kegiatan belajar berhitung menggunakan kartu angka dengan berbagai gambar yang menarik sesuai dengan tema pada hari itu sehingga hasil akhir penelitian kemampuan berhitung anak menunjukkan ketuntasan sebesar 82,8%.