PENGEMBANGAN BICARA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DI BA AISYIYAH GATAK DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Nur, Ardiyanti Wahyuni, Subar, Junanto,S.Pd.,M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1436/1/Skripsi%20Nur%20Ardiyanti%20W.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1436/
Daftar Isi:
  • Nur Ardiyanti Wahyuni, Pengembangan Bicara Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Visual Di BA Aisyiyah Gatak Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Subar Junanto, S,Pd M.Pd Kata Kunci : Pengembangan bicara, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran Visual Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran terdapat siswa ketika diberi pertanyaan oleh guru, namun tidak mau menjawab selain itu, kosa kata yang dimiliki anak masih sedikit dan guru dalam pembawaan proses mengajar yang masih monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bicara anak usia dini dengan menggunakan media pembelajaran visual di BA Aisyiyah Gatak Delanggu Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan seting penelitian di BA Aisyiyah Gatak yang dilaksanakan pada3 April - 17 Mei 2017. Adapun subjek penelitiannya adalah guru kelas B2. Sedangkan informan penelitiannya adalah kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pengembangan bicara anak usia dini kelas B2 di BA Aisyiyah Gatak ini dioptimalkan dengan langkah penggunaan media pembelajaran, yaitu (1) perencanaan, dilakukan pada saat sebelum kegiatan belajar, menyiapkan rencana kegiatan harian dan media yang akan digunakan, selanjutnya guru memberikan penjelasan kepada murid tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan (2) pelaksanaan, dilakukan dalam kelompok dan individu, pelaksanaan yang dilakukan secara kelompok apabila waktu pembelajaran terbatas, maka pembelajaran dilakukan secara kelompok, namun murid diberikan pertanyaan satu persatu dengan bergilir. Sedangkan pelaksanaan yang dilakukan secara individu, dilakukan dengan menyuruh siswa untuk maju ke depan kelas untuk melakukan kegiatan belajar. (3) penilaian, digunakan untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki anak dengan cara melakukan kegiatan belajar secara mandiri, pada pembelajaran dengan metode pengembangan yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita, dan metode berdialog. Dalam proses pembelajaran, penilaian diberikan kepada siswa, apabila siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dan mampu mengutarakan atau menjelaskan isi dari media pembelajaran visual. xiv ABSTRACT Nur Ardiyanti Wahyuni, Early Childhood Speech Development Using Visual Learning Media At BA Aisyiyah Gatak Lesson Year 2016/2017, Department of Islamic Education of Early Childhood, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Counselor: Subar Junanto, S, Pd M.Pd Keywords: Development of speech, Early Childhood, Visual Learning Media Problems in this research is in the process of learning there are students when asked by the teacher, but do not want to answer other than that, the vocabulary that is owned by the child is still small and the teacher in the teaching process that is still monotonous. The purpose of this research is to know the development of early child speech by using visual learning media at BA Aisyiyah Gatak Delanggu Lesson Year 2016/2017. This research is a qualitative descriptive research, with research setting at BA Aisyiyah Gatak which was held on April 3 to May 17, 2017. The subject of his research is B2 class teacher. While the research informant is the principal. Data collection was done by observation, interview, and documentation. To test the validity of data is done by triangulation technique of source and method. The data analyst uses an interactive analysis model by means of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the development of early childhood speech of B2 in BA Aisyiyah Gatak is optimized by using instructional media, ie (1) planning, done before the learning activity, preparing daily activity plan and media to be used, then giving explanation to the students About the learning activities to be carried out (2) implementation, carried out in groups and individuals, the implementation is done in groups if the learning time is limited, then the learning is done in groups, but the students are given questions one by one by rotating. While the implementation is done individually, done by having students to come to the front of the class to do learning activities. (3) assessment, used to know the ability of the child by way of learning activities independently, on learning with development methods used in the learning process by using the method of storytelling, and methods of dialogue. In the learning process, assessment is given to the students, if the student is able to answer questions from the teacher and able to express or explain the content of the visual learning media.