IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI II GAGAKSIPAT NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Thoyyibah, Thoyyibah, Hery, Setiyatna, M. Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1432/1/FULL%20TEKS.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1432/
Daftar Isi:
  • Thoyyibah, Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali, Skripsi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Juli 2017. Pembimbing : Hery Setiyatna, M.Pd Kata Kunci : Pendidikan Karakter dan Anak Usia Dini Masalah dalam penelitian adalah ada beberapa anak yang memiliki sifat tidak jujur, tidak disiplin, egois, tidak taggung jawab, tidak mandiri, tidak hormat dan santun. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter anak usia dini di TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dandokumentasi. Data yang telah terkumpulkan diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dianalisis dengan teknik analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : TK Pertiwi II Gagaksipat Ngemplak Boyolali sangat memperhatikan pendidikan karakter untuk anak. Implementasi pendidikan karakter anak usia dini (5-6 tahun) di TK Pertiwi II Gagaksipat dalam menerapkan pendidikan karakter menggunakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus, mulai peserta didik masuk gerbang dengan berjabat tangan serta mengucap salam kepada pendidik sampai penjemputan peserta didik oleh orang tua. Adapun jenis kegiatan dalam implementasi pendidikan karakternya yaitu upacara bendera, penyambutan kehadiran anak, penataan alat permainan di dalam kelas, cuci tangan, makan bersama, dan penjemputan.