STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO

Main Authors: Diana, Setyawati, Dr., Muhammad Fahmi, M.Si.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/
ctrlnum 1382
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/</relation><title>STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA &#xD; HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO</title><creator>Diana, Setyawati</creator><creator>Dr., Muhammad Fahmi, M.Si.</creator><subject>380 Commerce, communications, transport</subject><subject>383 Postal communication</subject><description>ABSTRAK &#xD; DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Strategi Public Relations Dalam &#xD; Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo. Skripsi, Jurusan &#xD; Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut &#xD; Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. &#xD; Skripsi ini berawal dari Syariah Hotel Solo yang mendapatkan Nominator &#xD; Anugrah Pariwisata Halal pada tahun 2016. Nominator atau penghargaan yang &#xD; didapat berupa penghargaan jenis usaha yang menerapkan prinsip &#x2013; prinsip Islam. &#xD; Banyaknya hotel yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. &#xD; Hal ini membuat Syariah Hotel Solo dengan hotel yang lain berlomba untuk &#xD; mendapatkan kepercayaan publik. Dengan banyaknya Hotel yang ada di Solo &#xD; membuat pihak Hotel selalu melaukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya &#xD; manusia untuk mempertahankan citra perusahaan khususnya citra halal tourism di &#xD; syariah hotel solo. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi &#xD; public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah &#x201C;Strategi Public &#xD; Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo&#x201D;. &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode &#xD; deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung, melakukan observasi secara &#xD; mendalam, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. &#xD; Hasil dari penelitian ini adalah Citra Halal Tourism di Syariah Hotel Solo &#xD; yang sudah positif dapat tetap dipertahankan. Public relations syariah hotel solo &#xD; semakin gencar melakukan kegiatan yang digunakan dalam mempertahankan citra. &#xD; Strategi yang dilakukan oleh public relations adalah dengan human relations, &#xD; community relations, serta media relations. Public relations menjalin hubungan &#xD; dengan berbagai kalangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan citra, &#xD; disamping itu hubungan yang baik disemua kalangan akan membawa citra positif &#xD; perusahaan. Kegiatan tersebut berupa kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan &#xD; eksternal berupa hubungan dengan masyarakat sekitar hotel, hubungan dengan media &#xD; dan komunitas yang ada di solo. Kegiatan internalnya berupa menjaga hubungan &#xD; sesama karyawan, meningkatkan tentang ilmu keagamaan yang setiap satu bulan &#xD; sekali diadakan pengajian dan qataman al-quran, hal ini bertujuan untuk &#xD; meningkatkan keilmuan di bidang keagamaan pada setiap karyawan guna &#xD; mempertahankan citra halal tourism di syariah hotel solo. &#xD; &#xD; Kata kunci : Strategi Public Relations, Citra, Halal Tourism Syariah Hotel Solo. &#xD; &#xD; ABSTRACT &#xD; DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Public Relation Strategy In &#xD; Maintaining Halal Tourism Image In Syariah Hotel Solo, A Thesis, Study &#xD; Communication and Broadcasting Islamic, Faculty Of Islamic Theology and &#xD; Preaching. State Islamic Institute of Surakarta. 2017. &#xD; This Thesis is conducted because Syariah Hotel Solo won Award Nominator &#xD; of Halal Tourism in 2016. The nominator or award gained is an award of business &#xD; which applies Islamic principles. There are many hotels in Solo which cause a tough &#xD; competition in hotel industry. Syariah Hotel Solo, no exception , has to compete with &#xD; other hotels to win public trust. Therefore, to meet this challenge, Syariah Hotel Solo &#xD; tries to create some innovations and increase the quality of human resource to &#xD; maintain the image of the company, especially in halal tourism image. Hence, the &#xD; writer is interested in observing what strategies of public relation are used in this &#xD; company. The aim of this research is to understand what public relation strategies are &#xD; used to maintain halal tourism image in Syariah Hotel Solo. &#xD; This study is based on a qualitative research by using descriptive method that &#xD; is conducted by direct research and complete observation to describe and present &#xD; facts on the field. &#xD; The result of this research is that Halal Tourism Image of Syariah Hotel Solo &#xD; can be positively maintained. The Public Relation of Syariah Hotel Solo incessantly &#xD; conducts some efforts or activities to maintain this image. Strategies used by Public &#xD; Relation are human relations, community relations and media relations. To maintain &#xD; its positive image in public, Public Relation of Syariah Hotel Solo creates good &#xD; relations with many public circles. The activities done by public relation are divided &#xD; into external and internal ones. The external activities include the relation between &#xD; hotel and the surrounding society, relation with media and relation with communities &#xD; in Solo. Where as, the internal activities include the maintenance of relation among &#xD; its employees, and increasing religious insights of its employees by conducting some &#xD; religious activities so they can maintain or even improve its Halal Tourism image in &#xD; Syariah Hotel Solo. &#xD; &#xD; Key words : Public Relations Strategies, Halal Tourism Image, Syariah Hotel &#xD; Solo.</description><date>2017-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Diana, Setyawati and Dr., Muhammad Fahmi, M.Si. (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>1382</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Diana, Setyawati
Dr., Muhammad Fahmi, M.Si.
title STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA HALAL TOURISM DI SYARIAH HOTEL SOLO
publishDate 2017
topic 380 Commerce
communications
transport
383 Postal communication
url http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1382/
contents ABSTRAK DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017. Skripsi ini berawal dari Syariah Hotel Solo yang mendapatkan Nominator Anugrah Pariwisata Halal pada tahun 2016. Nominator atau penghargaan yang didapat berupa penghargaan jenis usaha yang menerapkan prinsip – prinsip Islam. Banyaknya hotel yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. Hal ini membuat Syariah Hotel Solo dengan hotel yang lain berlomba untuk mendapatkan kepercayaan publik. Dengan banyaknya Hotel yang ada di Solo membuat pihak Hotel selalu melaukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya manusia untuk mempertahankan citra perusahaan khususnya citra halal tourism di syariah hotel solo. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah “Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung, melakukan observasi secara mendalam, serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah Citra Halal Tourism di Syariah Hotel Solo yang sudah positif dapat tetap dipertahankan. Public relations syariah hotel solo semakin gencar melakukan kegiatan yang digunakan dalam mempertahankan citra. Strategi yang dilakukan oleh public relations adalah dengan human relations, community relations, serta media relations. Public relations menjalin hubungan dengan berbagai kalangan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan citra, disamping itu hubungan yang baik disemua kalangan akan membawa citra positif perusahaan. Kegiatan tersebut berupa kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan eksternal berupa hubungan dengan masyarakat sekitar hotel, hubungan dengan media dan komunitas yang ada di solo. Kegiatan internalnya berupa menjaga hubungan sesama karyawan, meningkatkan tentang ilmu keagamaan yang setiap satu bulan sekali diadakan pengajian dan qataman al-quran, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan di bidang keagamaan pada setiap karyawan guna mempertahankan citra halal tourism di syariah hotel solo. Kata kunci : Strategi Public Relations, Citra, Halal Tourism Syariah Hotel Solo. ABSTRACT DIANA SETYAWATI, NIM : 13.12.11.025. Public Relation Strategy In Maintaining Halal Tourism Image In Syariah Hotel Solo, A Thesis, Study Communication and Broadcasting Islamic, Faculty Of Islamic Theology and Preaching. State Islamic Institute of Surakarta. 2017. This Thesis is conducted because Syariah Hotel Solo won Award Nominator of Halal Tourism in 2016. The nominator or award gained is an award of business which applies Islamic principles. There are many hotels in Solo which cause a tough competition in hotel industry. Syariah Hotel Solo, no exception , has to compete with other hotels to win public trust. Therefore, to meet this challenge, Syariah Hotel Solo tries to create some innovations and increase the quality of human resource to maintain the image of the company, especially in halal tourism image. Hence, the writer is interested in observing what strategies of public relation are used in this company. The aim of this research is to understand what public relation strategies are used to maintain halal tourism image in Syariah Hotel Solo. This study is based on a qualitative research by using descriptive method that is conducted by direct research and complete observation to describe and present facts on the field. The result of this research is that Halal Tourism Image of Syariah Hotel Solo can be positively maintained. The Public Relation of Syariah Hotel Solo incessantly conducts some efforts or activities to maintain this image. Strategies used by Public Relation are human relations, community relations and media relations. To maintain its positive image in public, Public Relation of Syariah Hotel Solo creates good relations with many public circles. The activities done by public relation are divided into external and internal ones. The external activities include the relation between hotel and the surrounding society, relation with media and relation with communities in Solo. Where as, the internal activities include the maintenance of relation among its employees, and increasing religious insights of its employees by conducting some religious activities so they can maintain or even improve its Halal Tourism image in Syariah Hotel Solo. Key words : Public Relations Strategies, Halal Tourism Image, Syariah Hotel Solo.
id IOS3440.1382
institution IAIN Surakarta
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 326
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Surakarta
library_id 185
collection Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta
repository_id 3440
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3440
first_indexed 2018-02-01T00:50:42Z
last_indexed 2018-02-01T00:50:42Z
recordtype dc
_version_ 1764502589027647488
score 17.538404