UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Nur, Rizkasari, Drs., Aminuddin, M.S.I
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1228/1/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1228/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nur Rizkasari, Agustus 2017, Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Aminuddin, M.S.I. Ksta Kunci: Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Permasalahan dalam penelitian ini adalah di tengah realita banyaknya kepala sekolah yang kurang memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga masih didapati adanya kepala sekolah yang kurang dapat menjalankan fungsinya dengan baik yang berdampak pada rendahnya mutu pendidikan, kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar justru sangat memperhatikan mutu pendidikan sekolah yang dipimpinnya dan berupaya meningkatkannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan kepala sekolah sebagai educator dalam meningkatkan mutu output pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dimulai pada bulan Januari 2016 – Agustus 2017. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan informan dalam penelitian adalah wakil kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, para guru, staf TU dan karyawan, serta siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis interaktif melalui langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai educator dalam meningkatkan mutu output kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar menempuh beberapa langkah sebagai berikut: (1) Pembinaan mental dengan menciptakan iklim kondusif dan berusaha melengkapi sarana, prasarana, serta sumber belajar. (2) Pembinaan moral dengan memberikan bimbingan dan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik untuk melaksanakan model pembelajaran yang menarik, memberikan bimbingan kepada tenaga pendidik, membimbing tenaga kependidikan, membimbing peserta didik terutama dalam membimbing kegiatan ekstrakulikuler, memberikan nasehat kepada seluruh warga sekolah dilakukan ketika pidato, khutbah, rapat, ataupun secara langsung face to face. (3) Pembinaan jasmani.dengan berpartisipasi dalam event-event olah raga yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat setempat. (4) Pembinaan artistik melalui kegiatan karyawisata.