HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU DENGAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MIRI SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Authors: | Yulia, Umi Baroroh, Suyatman,, S.Pd, M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1175/1/pdf%20full%20text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1175/ |
Daftar Isi:
- Yulia Umi Baroroh, Agustus 2017. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Sikap Guru dengan Minat Belajar PAI Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Miri Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing: Suyatman, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Sikap Mengajar Guru, Minat Belajar PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar PAI siswa yang diakibatkan oleh beberapa faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Dalam proses belajar mengajar minat belajar PAI siswa kerap kali dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ada disekitarnya dan terutama oleh gurunya. Sehingga guru di dalam sekolah harus senantiasa memperhatikan hal-hal yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa terutama memperhatikan masalah sikapnya, karena figur seorang guru tidak akan lepas dari pandangan dan penilain dari siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui gambaran persepsi siswa tentang sikap mengajar, 2) mengetahui gambaran minat belajar PAI siswa, dan 3) mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru dengan minat belajar PAI siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Waktu penelitian terhitung dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Miri Sragen sebanyak 424 anak, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 210 anak yang dicari dengan teknik sampling Proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi untuk mengetahui data siswa dan metode angket digunakan untuk mencari informasi tentang persepsi siswa tentang sikap mengajar guru dan minat belajar PAI siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari definisi konseptual, definisi operasional variabel dan kisi-kisi instrumen. Teknik validitas menggunakan rumus Product Moment dan teknik reliabilitas menggunakan rumus Spearmean Brown. Teknik analisis data terdiri dari analisis unit (mean, median, modus dan standar deviasi), uji prasyarat (uji normalitas Chi Kuadrat) dan uji hipotesis Product Moment. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh data: 1) Persepsi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Miri Sragen tentang sikap mengajar guru termasuk kategori cukup baik ditunjukkan dengan rata-rata 113,47, sebanyak 124 siswa atau 59.04%, 2) Minat belajar PAI siswa termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 109,97, sebanyak 150 siswa atau 71,42%, 3) hasil perhitungan hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh rhitung = 0,355. Kemudian untuk menguji signifikansi maka dikonsultasikan dengan rtabel, karena n= 210 tidak ada dalam tabel maka digunakan n terdekat dengan jumlah yang lebih besar maka digunakan n= 300 dan diperoleh rtabel sebesar=0,113. Berarti rhitung (0,355)>(0,113) rtabel, sehingga ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang sikap mengajar guru dengan minat belajar PAI siswa kelas XI SMK Negeri 1 Miri Sragen Tahun Ajaran 2017/2018.