PERANAN KEPALA MADRASAH SELAKU SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MA AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Authors: | Muhammad, Imran Malik, Drs., Aminuddin, M.S.I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1172/1/Full%20Text.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1172/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Muhammad Imran Malik, 2017, Peranan Kepala Madrasah Selaku Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Aminuddin, M.S.I Kata Kunci : Kepala Madrasah, Supervisor, Profesionalitas Guru Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kepala madrasah sebagai supervisor pada lembaga pendidikan yang dipimpinnya maka dituntut memiliki berbagai kelebihan kemampuan. Sedangkan kepala madrasah di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta merupakan kepala yang punya perhatian terhadap tugas dan tanggung jawabnya, sehingga supervisi di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta sudah dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pernanan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil data lapangan di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian di MA Al-Islam dilakukan pada bulan Mei, Juni, dan Juli tahun 2017. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, lalu diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan Uji Keabsahan dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kepala madrasah di MA Al-Islam telah melakukan fungsinya sebagai supervisor dengan sebagaimana mestinya (2) Usaha dalam peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah dengan mengadakan supervisi yang meliputi kunjungan kelas, pertemuan individu, observasi kelas, diskusi kelompok guru, dan pendelegasian guru untuk lokakarya/workshop.