PROSES PEMBELAJARAN GERAKAN WONOGIRI MENGAJI DI SD N 2 MLOPOHARJO, WURYANTORO, WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Main Authors: | Meilia, Eka Diah Pradita, Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1151/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1151/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Meilia Eka Diah Pradita. ( NIM.133111065). Proses Pembelajaran Gerakan Wonogiri Mengaji Di SD N 2 Mlopoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Mei 2017. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah S.Ag, M.Ag Kata kunci : Pembelajaran, Gerakan Wonogiri Mengaji. Pelaksanaan Gerakan Wonogiri Mengaji merupakan satu sisi yang dapat menumbuhkan rasa ketertarikan yang kuat terhadap pelaksanaan nilai – nilai agama Islam di masyarakat muslim. Di SD N 2 Mlopoharjo, Wuryantoro, Wonogiri pelaksanaan Gerakan Wonogiri Mengaji sudah dilaksanakan kurang lebih berjalan hampir 2 tahun. Dalam pelaksanaannya SD N 2 Mlopoharjo, Wuryantoro, Wonogiri termasuk kedalam sekolah yang masih aktif melaksanakan Gerakan Wonogiri Mengaji dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya yang ada di kecamatan Wuryantoro. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, dilakukan di SD N 2 Mlopoharjo pada Bulan April-Mei. Subjek penelitian ini adalah Guru-guru PAI SD N 2 Mlopoharjo, informan dalam penelitian ini adalah yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, Siswa SD N 2 Mlopoharjo, Guru selain guru PAI dan Orang tua murid. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi, data yang sudah terkumpulkan dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Tahap Pembelajaran Gerakan Wonogiri Mengaji Di SD N 2 Mlopoharjo terdapat 4 tahap, yaitu : (1) tahap awal: kegiatan belajar di awali dengan membaca Basmallah bersama-sama, pembelajaran dimulai dengan membaca Iqro’ dan latihan menulis huruf hijjaiyah yang telah dibaca, guru memberikan contoh cara membaca dan menulis huruf hujjaiyah yang benar, pembelajaran diakhiri dengan membaca hamdallah. (2) tahap kedua : kegiatan belajar di awali dengan membaca Basmallah bersama- sama, pembelajaran di mulai dengan membaca dan menulis iqro’ tentang huruf hijjaiyah bersambung, siswa diberi materi agama Islam tambahan, pembelajaran diakhiri dengan membaca hamdallah.(3) tahap ketiga : kegiatan belajar di awali dengan membaca Basmallah bersama-sama, kegiatan pembelajaran diawali dengan membaca dan menulis huruf hijjaiyah yang berada di Al-qur’an, guru memberikan materi agama Islam yang lebih mendalam, guru memberikan pembelajaran dengan metode-metode pembelajaran yang menyesuaikan dengan materi, pembelajaran diakhiri dengan membaca hamdallah. (4) tahap keempat : guru selalu menekankan kepada peserta didiknya setelah mendapatkan materi pembinaan BTQ serta penanaman nilai-nilai ajaran agama Islam diharapkan anak- anak mampu melaksanakan nilai-nilai ajaran agama Islam dan menerapkan didalam kehidupan sehari-hari dengan baik.