EVALUASI PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF AL-QURAN (PBHAQ) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: May, Mukhlishoh CA, Hery, Setiyatna, M. Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1149/1/Skripsi%20-%20May%20Mukhlishoh%20CA%20-%20133111069%20-%20PAI%20-2017.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1149/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK May Mukhlishoh CA, 133111069, Evaluasi Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran (PBHAQ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juni 2017. Pembimbing: Hery Setiyatna, M.Pd Kata kunci: Evaluasi, Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan. Evaluasi pada suatu kegiatan dapat memutuskan apakah kegiatan tersebut dapat dinyatakan layak atau tidak untuk dipertahankan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Evaluasi Input: (a) Mengetahui tujuan program Pemberantasan Buta Huruf Al- Quran di SMKN 1 Klaten; (b) Mengetahui kemampuan awal peserta Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten. (2) Evaluasi Proses: (a) Mengetahui pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten; (b) Mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana selama program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP, input dan proses, menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMKN 1 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Desember 2016 sampai Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 yang belum bisa membaca Al-Quran berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen pengambilan data evaluasi program pemberantasan buta huruf Al-Quran memiliki validitas terendah 0,325 dan tertinggi 81,08 butir valid, nilai reliabilitas mencapai 0,64. Hasil penelitian Input: 1) Tujuan program Pemberantasan Buta Huruf Al- Quran sesuai dengan harapan pencetus/pembina program pemberantasan Buta Huruf Al-Quran dengan perolehan skor 489; 2) Kemampuan awal peserta program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran sesuai dengan sasaran Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran, yaitu siswa yang belum bisa membaca Al- Quran dengan perolehan skor 489. Process: 1) Pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Sangat Sesuai dengan yang diharapkan denga perolehan skor 1231; 2) Pemanfaatan sarana dan prasarana selama program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran sangat sesuai dengan yang diharapkan pada pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran diperoleh skor 587. ABSTRAK May Mukhlishoh CA, 133111069, Evaluasi Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran (PBHAQ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juni 2017. Pembimbing: Hery Setiyatna, M.Pd Kata kunci: Evaluasi, Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Evaluasi merupakan hal penting yang harus dilakukan. Evaluasi pada suatu kegiatan dapat memutuskan apakah kegiatan tersebut dapat dinyatakan layak atau tidak untuk dipertahankan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Evaluasi Input: (a) Mengetahui tujuan program Pemberantasan Buta Huruf Al- Quran di SMKN 1 Klaten; (b) Mengetahui kemampuan awal peserta Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten. (2) Evaluasi Proses: (a) Mengetahui pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten; (b) Mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana selama program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di SMKN 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP, input dan proses, menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMKN 1 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Desember 2016 sampai Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 yang belum bisa membaca Al-Quran berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen pengambilan data evaluasi program pemberantasan buta huruf Al-Quran memiliki validitas terendah 0,325 dan tertinggi 81,08 butir valid, nilai reliabilitas mencapai 0,64. Hasil penelitian Input: 1) Tujuan program Pemberantasan Buta Huruf Al- Quran sesuai dengan harapan pencetus/pembina program pemberantasan Buta Huruf Al-Quran dengan perolehan skor 489; 2) Kemampuan awal peserta program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran sesuai dengan sasaran Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran, yaitu siswa yang belum bisa membaca Al- Quran dengan perolehan skor 489. Process: 1) Pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Sangat Sesuai dengan yang diharapkan denga perolehan skor 1231; 2) Pemanfaatan sarana dan prasarana selama program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran sangat sesuai dengan yang diharapkan pada pelaksanaan program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran diperoleh skor 587.