ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII

Main Authors: TRIYANI, TRIYANI, Hery, Setiyatna, M. Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1148/1/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1148/
Daftar Isi:
  • TRIYANI April 2017, Analisis Butir Soal Latihan Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs N Pedan, Pedan, Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: 1 Heri Setiyatna, M, Pd. 2 Syamsul Huda Rohmadi, M, Pd. Kata kunci: Butir Soal Latihan Instrumen latihan saat ini masih menjadi instrumen adalah dalam mengumpulkan data hasil belajar siswa. MTs N Pedan,Klaten juga menggunakan latihan sebagai instrumen untuk mengetahui hasil belajar para siswanya.Instrumen latihan tersebut dibuat sendiri oleh peneliti di sekolahan tersebut, termasuk instrumen latihan Fiqih Kelas VIII. Akan tetapi, oleh peneliti yang membuat soal tersebut tidak melakukan uji coba terhadap instrumen latihan yang dia buat dan tidak melakukan analisis butir soal, sehingga tingkat kesulitannya tidak diketahui. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas butir soal latihan mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs N Pedan, Klaten tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi tes hasil belajar mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan teori klasik. Dalam penelitian ini dilakukan analisis butir soal latihan mata pelajaran Fiqih yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas dan reliabilitas soal. Penelitian dilakukan pada bulan April tahun 2017. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Pedan, Klaten yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 67 siswa dengan menggunakan aturan slavin. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program Anates versi 4 . 0 dalam Miscrosoft Excel 2007. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada 21 butir soal dari semua butir soal yang merupakan butir soal yang baik yaitu 18 butir soal pilihan ganda 1, 2, 4, 7, 8, 11, 12, 13, 16, 21, 24, 27, 28, 29, 30, 33, 34, 37 dan 3 butir soal uraian nomor 1,2,5 sisanya sebanyak 25 butir soal merupakan butir soal yang jelek 2) Ada yang baik dan ada pengecoh yang tidak baik. 3) Ada soal merupakan soal yang valid dan ada soal merupakan soal yang tidak valid. 4) Instrumen latihan belajar tersebut adalah instrumen latihan belajar yang reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,284.