PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN INTELEKTUAL BAGI SISWA DI ASRAMA MAN 2 BOYOLALI

Main Authors: Muhammad, Ghofar Ismail, H., Moh. Mahbub, S.Ag. M.Si.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1141/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1141/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK M Ghofar Ismail, 2017, Pelaksanaan Program Pengembangan Intelektual Bagi Siswa di Asrama MAN 2 Boyolali, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Moh Mahbub, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Program Pengembangan Intelektual, Siswa Asrama Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa asrama yang berprestasi di MAN 2 Boyolali, dipengaruhi oleh program pengembangan intelektual yang dilaksanakan di asrama MAN 2 Boyolali, bagaimana pelaksanaan program pengembangan intelektual bagi siswa di asrama MAN 2 Boyolali?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pengembangan intelektual bagi siswa di asrama MAN 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan maret-juni 2017 di Asrama MAN 2 Boyolali. Subyek dalam penelitian ini adalah Pembina asrama dan Siswa di asrama. Informan penelitian ini adalah pimpinan asrama dan kepala madrasah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahanya dengan triangulasi, selanjutnya dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program pengembangan intelektual dilaksanakan untuk siswa asrama MAN 2 Boyolali. (2) Jenis-jenis program pengembangan intelektual: Pengembangan Bahasa asing melalui muhadhoroh, FTMP, Ilmu Umum. (3) Menggunakan metode pengembangan intelektual secara modern konstruktivisme, CTL, GLC, selain metode modern dilengkapi dengan media yang modern demi mengikuti perkembangan zaman dan sarana prasarana yang mendukung (4) Misalkan pada FTMP, siswa disuruh mencari dan mempresentasikan suatu cerpen, dan membuat cerpen, membuat artikel, opini, mengedit suatu karya, lalu mengekspos di internet dan mencari banyak yang mengkomen atau mengelike, menulis puisi, fiksi dan non fiksi, yang menonjol adalah karya tulis ilmiah, hingga siswa di asrama menjuarai penulisan karya ilmiah tingkat SMA se-Kab Boyolali. Sehingga siswa di asrama dalam mengerjalan karya tulis ilmiah tak begitu kesulitan. Pelaksanaan program pengembangan intelektual bagi siswa di asrama berpengaruh positif untuk MAN 2 Boyolali.